Jumat 12 Jun 2020 23:07 WIB

Balitbangtan: Perlu Pupuk Organik Kembalikan Tanah Sehat

Tingkat kesuburan tanah menurun membuat produktivitas pertanian melandai.

Pupuk organik/ilustrasi
Foto: wikipedia
Pupuk organik/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan, saat ini tanah-tanah pertanian dalam kondisi "sakit" dengan kadar C-organik di bawah dua persen. Sehingga tingkat kesuburannya menurun dan dampaknya produktivitas pertanian melandai.

Kepala Balai Penelitian Tanah (Balittanah) Balitbangtan Kementan Dr Ladiyani Retno Widowati, MSc, pada Jumat (12/6) mengatakan, hal itu disebabkan sejak 1980, Indonesia menerapkan pertanian intensif yang hanya berbasis pupuk anorganik.

"Kita melupakan pupuk organik. Kita juga jarang mengembalikan biomassa ke lahan. Dampaknya tanah menjadi sakit dengan indikator C-organik rendah. Di masa lalu, tanah kita masih sehat dengan kadar C-organik 2-5 persen, kini umumnya kurang dari dua persen," kata Ladiyani pada webinar tentang "Pembuatan Pupuk Organik".

Produktivitas lahan, lanjut Ladiyani, dapat dikembalikan bila tanah disehatkan lagi dengan meningkatkan kadar C-organik. Caranya dengan mengembalikan sebanyak mungkin biomassa ke tanah praktiknya melalui pemberian pupuk organik.

Menurut Kepala Balitbangtan Fadjry Djufry, sebetulnya teknologi pembuatan pupuk organik telah dikuasai oleh para peneliti dan petani maju di Tanah Air. "Tugas kita menderaskan informasi teknologi tersebut ke petani seluas mungkin. Tujuannya agar setiap petani mampu menyehatkan tanahnya sendiri," katanya.

Pupuk organik adalah pupuk yang berasal dari tumbuhan mati, kotoran atau bagian tubuh hewan serta limbah organik lainnya yang telah melalui proses rekayasa. "Bentuk pupuk organik dapat berupa padat atau cair. Ia juga dapat diperkaya bahan mineral atau mikroba bermanfaat," kata Fadjry.

Pengayaan tersebut untuk meningkatkan kandungan hara dan bahan organik tanah serta memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian (BBSDLP) Husnain PhD menambahkan, kunci menghasilkan pupuk organik bermutu adalah pengomposan. "Dengan pengomposan proses dekomposisi biomassa dapat dikendalikan dengan baik," katanya.

Untuk itu, sambung Husnain, teknik pengomposan yang tepat itulah yang diajarkan pada publik. Dengan sosialisasi teknologi pembuatan pupuk organik itu diharapkan petani dapat mengkombinasikan pupuk organik dengan anorganik. "Dengan cara itu degradasi lahan dapat dicegah. Produktivitas lahan pun dapat kembali meningkat bila kadar C-organik tanah di atas dua persen," jelas dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement