Selasa 16 Jun 2020 15:02 WIB

Arkeolog Temukan Peti Harta Peninggalan Perang Dunia II

Harta peninggalan itu diduga milik orang Yahudi.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Sebuah peti harta karun penuh dengan gelas perak berharga dan peralatan makan telah digali di reruntuhan kastil abad ke-14 di Nowy S?cz, Polandia.
Foto: Stowarzyszenie Historyczno Eksploracyjne S?de
Sebuah peti harta karun penuh dengan gelas perak berharga dan peralatan makan telah digali di reruntuhan kastil abad ke-14 di Nowy S?cz, Polandia.

REPUBLIKA.CO.ID, NOWY SACZ -- Sebuah peti harta karun penuh dengan gelas perak berharga dan peralatan makan ditemukan di reruntuhan kastil abad ke-14 di Nowy Sącz, Polandia. Temuan sensasional ini diduga milik orang-orang Yahudi yang terbunuh selama Perang Dunia II. 

Barang barang itu ditemukan selama pekerjaan arkeologi di Royal Castle kota tersebut oleh Asosiasi Sejarah dan Eksplorasi Nowy Sącz. Mereka melakukan pekerjaan eksplorasi di reruntuhan Castle Hill.

Baca Juga

Detektor utama Stanisław Pustułka yang membuat penemuan setelah menggali pecahan kertas tua. Timnya mulai mengekstraksi kertas dengan hati-hati.

"Itu dalam kondisi yang sangat buruk.  Setelah beberapa saat, kami melihat perak, banyak perak," kata Pustulka dilansir di The First News, Selasa (16/6).

Keenam anggota tim melepas peti, yang telah hancur dan berkarat seiring waktu.  Yang tersisa adalah 103 benda perak yang dibuat di Polandia dan Austria.

Arkeolog lokal Bartłomiej Urbański, yang hadir di situs pencarian, mengatakan bahwa ini adalah Judaica, mungkin sejak pergantian abad ke-19 dan ke-20, terhubung dengan ritual Yahudi dan mungkin dimakamkan selama Perang Dunia Kedua.

"Apakah itu terkait dengan bangunan yang dulu berada di bagian kota ini, atau apakah itu dicuri oleh Jerman, yang kemudian tidak dapat membawanya pergi?"

Pada Juni 1941, Hitler yang menduduki Jerman mengubah puri menjadi barak serta gudang amunisi. Dia mendirikan sebuah ghetto di kota tempat mereka mengumpulkan lebih dari 20 ribu orang Yahudi Nowy Sącz.

Gheto itu dihancurkan pada Agustus 1942 dan seluruh populasi Yahudi dikirim ke kamp kematian Bełżec. Pada tahun 1945, tentara bawah tanah Polandia meledakkan gudang amunisi, sehingga hampir sepenuhnya menghancurkan kastil.

Penemuan perak dibuat hanya 20 meter dari tempat 50 koin dinar abad ke-15 ditemukan awal tahun ini. Koin-koin itu ditemukan oleh tim yang sama terkubur sepuluh sentimeter di bawah tanah oleh dinding kastil.

Harta karun perak akan diserahkan kepada para arkeolog. Arkeolog akan mengidentifikasi dan mendaftarkan semua barang yang digali, membersihkannya dan kemudian akan diserahkan ke Museum Regional di kota.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement