Susul Sejumlah Negara, Afrika Selatan Batalkan Haji  

Selasa , 16 Jun 2020, 18:06 WIB Reporter :Fuji Eka Permana/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Afrika Selatan memutuskan tak memberangkatkan jamaah haji tahun ini. Ilustrasi jamaah haji Afrika Selatan tiba di Bandara King Abdulaziz, Jeddah, Arab Saudi.
Afrika Selatan memutuskan tak memberangkatkan jamaah haji tahun ini. Ilustrasi jamaah haji Afrika Selatan tiba di Bandara King Abdulaziz, Jeddah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, CAPE TOWN – Dewan Haji dan Umrah Afrika Selatan (SAHC) telah mengumumkan bahwa Afrika Selatan tidak akan menyelenggarakan ibadah haji tahun 1441 H/ 2020. 

 

Terkait

Keputusan ini diambil karena sedang terjadi pandemi virus corona atau Covid-19 di Afrika Selatan.  

Baca Juga

Karena ada beberapa pembatasan dan penutupan seperti penutupan perbatasan. Muslim Afrika Selatan yang berencana melaksanakan ibadah haji tahun ini tidak jadi melaksanakannya. 

Pada Rabu lalu, SAHC bertemu dengan Departemen Hubungan Internasional dan Kerjasama untuk membahas kemungkinan penyelenggaraan haji di saat pandemi Covid-19 di Afrika Selatan. 

 Pada akhirnya diambil keputusan untuk tidak menyelenggarakan ibadah haji tahun ini.

"Berdasarkan penutupan perbatasan kami, pembatasan perjalanan internasional dan masalah yang berkaitan dengan Covid-19, dengan menyesal kami informasikan Hujaaj yang terakreditasi Afrika Selatan bahwa para calon jamaah haji Afrika Selatan tidak akan dapat menyelenggarakan haji 2020," kata SAHC dilansir dari News24, Selasa (16/6).  

Pelaksanaan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi dijadwalkan berlangsung antara 28 Juli sampai 2 Agustus. Dewan Haji dan Umrah Afrika Selatan menambahkan bahwa pengembalian uang milik calon jamaah haji akan dibayarkan. 

Langkah pembatalan pemberangkatan jamaah haji tahun ini, telah dilakukan sejumlah negara antara lain Indonesia pertama kali, lalu diikuti sejumlah negara antara lain India, Malaysia, dan Brunei. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini