Kamis 18 Jun 2020 18:59 WIB

Masjid-Masjid di Inggris Adakan Tur Virtual

Melalui tur virtual ini, masyarakat bisa mengunjungi banyak masjid di Inggris.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Masjid-Masjid di Inggris Adakan Tur Virtual.
Foto: Maidenhead Central Mosque
Masjid-Masjid di Inggris Adakan Tur Virtual.

REPUBLIKA.CO.ID, LEEDS -- Masjid-masjid di Inggris akan mengadakan tur virtual akhir pekan ini. Tur virtual itu bertujuan menunjukkan pada komunitas Muslim di Inggris tentang apa yang telah diperbuat masjid-masjid selama masa penutupan wilayah karena Covid-19. 

Dalam tur virtual itu, para pimpinan masjid akan berbagi tentang apa yang mereka lakukan untuk mendukung komunitas lokal selama penutupan. Diantaranya dengan membuat bank makanan, memberikan makanan hangat pada yang membutuhkan serta mendukung rumah sakit lokal dengan memberikan makanan bagi petugas medis.

Baca Juga

Melalui tur virtual ini, masyarakat bisa mengunjungi banyak masjid di Inggris termasuk Masjid Pusat Cambridge yang telah mengirimkan lebih dari seribu paket makanan pada staf di Rumah Sakit Royal Papworth selama lockdown. Tur virtual ini berlangsung sebagai bagian kampanye #VisitMyMosque yang difasilitasi Dewan Muslim Inggris (MCB). 

"Peran yang dimainkan komunitas agama dalam mendukung kelompok masyarakat yang paling rentan  selama penguncian tiga bulan terakhir karena virus Corona sangat besar. Ketik dampak penguncian mulai dirasakan, masjid-masjid dan Komunitas Muslim siap untuk terus memainkan peran mereka di Inggris pasca kuncian," kata Sekretaris Jenderal MCB, Harun Khan seperti dilansir Evening Post, Kamis (18/6).

Sementara Masjid Raya Leeds rencananya akan mengadakan tur virtual itu pada Ahad pukul 12 siang. Ada juga Masjid tua Kent Road di London Selatan yang merupakan tempat ibadah tertua bagi komunitas Muslim Nigeria di London. Masjid itu berencana memberikan wawasan tentang gerakan #BlackLivesMatter serta bagaimana masjid memberi dampak positif bagi komunitas lokal. Begitupun dengan beberapa masjid di Utara Inggris yakni di Inverness Yang berencana membuka pintu tur virtual dengan berbagi pengalaman selama pandemi.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement