Jumat 19 Jun 2020 16:28 WIB

Kasus Covid-19 di Kanada Tembus 100 Ribu

Kanada menempati urutan ke-18 dalam daftar negara dengan kasus Covid-19 terbanyak

Rep: Anadolu Agency/ Red: Christiyaningsih
Evakuasi pasien terpapar virus corona. Kanada menempati urutan ke-18 dalam daftar negara dengan kasus Covid-19 terbanyak di dunia. Ilustrasi.
Foto: VOA
Evakuasi pasien terpapar virus corona. Kanada menempati urutan ke-18 dalam daftar negara dengan kasus Covid-19 terbanyak di dunia. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, TRENTON - Kasus Covid-19 di Kanada telah mencapai 101.492 pada Kamis. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Johns Hopkins University, Kanada menempati urutan ke-18 dalam daftar negara dengan kasus Covid-19 terbanyak di dunia.

"Namun, saya rasa angka itu tidak akurat. Diperlukan tes yang lebih memadai untuk jangka waktu yang lama," ujar Sandy Buchman, seorang dokter sekaligus ketua Asosiasi Medis Kanada.

Baca Juga

Sejauh ini, sedikitnya 8.312 pasien meninggal dunia di Kanada akibat virus itu. Di hari yang sama, Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan negaranya membuka kembali sebagian besar bisnis dan taman umum.

Menurut dia, sistem pelacakan baru Covid-19 akan diberlakukan dalam beberapa minggu mendatang. Pelacakan kontak menggunakan aplikasi di telepon genggam itu akan mendata kasus yang dikonfirmasi dan memberi tahu pengguna aplikasi jika mereka telah terpapar virus.

Trudeau menegaskan bahwa aplikasi ini bersifat "sukarela" dan data pengguna tidak akan disimpan. "Aplikasi ini tidak akan menyimpan informasi pribadi para pengguna. Sifatnya sukarela. Jadi warga Kanada bebas untuk mengunduh atau tidak mengunduhnya," jelas PM Kanada.

"Namun saya berharap agar banyak orang menggunakannya agar sistem ini lebih efektif," kata dia lagi.

Sistem pelacakan kontak serupa juga telah dilakukan di Inggris, Swiss, Italia, Polandia, dan Latvia. Aplikasi itu akan diuji coba pertama kali di Ontario, provinsi terpadat penduduk di Kanada, dengan 14,6 juta penduduk.

https://www.aa.com.tr/id/dunia/kasus-covid-19-di-kanada-tembus-100000/1882460

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement