Sabtu 20 Jun 2020 01:00 WIB

BI Solo Berikan Beasiswa Kepada 175 Mahasiswa dari 3 Kampus

Jumlah penerima beasiswa tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yakni 150 mahasiswa

Rep: Binti Sholikah/ Red: Esthi Maharani
Bank Indonesia
Foto: Republika/Prayogi
Bank Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo tahun ini memberikan beasiswa diberikan kepada 175 mahasiswa dari tiga perguruan tinggi di Solo Raya. Rinciannya, 75 mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, 50 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta di Kabupaten Sukoharjo, serta 50 mahasiswa Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo.

Pemberian beasiswa dilakukan secara simbolis dalam acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dan Penyerahan Beasiswa pada Kamis (18/6) secara daring. PKS berlaku mulai 27 Februari 2020 — 27 Februari 2022.

Kepala Kantor Perwakilan BI Solo, Bambang Pramono, mengatakan, jumlah penerima beasiswa tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang sebanyak 150 mahasiswa. Nilai beasiswa yang diberikan kepada setiap mahasiswa tetap sebesar Rp 1 juta per bulan.

Kerjasama Program Beasiswa di wilayah kerja KPw BI Solo telah dilakukan sejak 2014 bersama UNS dan IAIN Surakarta yang selanjutnya diperluas kepada Unisri pada 2019. Khusus pada tahun 2020, UNS mendapatkan penambahan jumlah penerima beasiswa sebanyak 25 mahasiswa menjadi 75 mahasiswa dari sebelumnya sebanyak 50 mahasiwa. Hal itu mempertimbangkan UNS sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) dengan akreditasi A dengan jumlah mahasiswa lebih dari 15.000 orang.

"Pemberian beasiswa ini dilakukan melalui proses seleksi yang ketat baik dari segi prestasi, karakter, maupun latar belakang sosial dan ekonomi para pelamar," terangnya seperti tertulis dalam siaran pers, Kamis.

Dari hasil seleksi administrasi oleh PTN dan PTS yang telah memiliki kerja sama dengan BI, BI Solo menerima 260 nama kandidat calon penerima beasiswa. Selanjutnya, Tim Seleksi BI Solo melaksanakan wawancara awal dan wawancara mendalam untuk mendapatkan 175 calon terbaik.

Para mahasiswa penerima beasiswa Tahun 2020 otomatis menjadi anggota Generasi Baru Indonesia (GenBI), yakni wadah bernaungnya para mahasiswa penerima beasiswa BI untuk mengembangkan kemampuan berorganisasi, kepemimpinan dan berkomunikasi dalam pembinaan BI Solo. GenBI menjadi ajang komunitas yang berwawasan kebanksentralan dan berliterasi keuangan sebagai front liner, agen perubahan dan pemimpin masa depan untuk mengomunikasikan kebijakan BI kepada komunitas mahasiswa dan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap pelaksanaan tugas dan pencapaian tujuan Bank Indonesia.

Ke depan, anggota GenBI Solo akan terus dilibatkan dalam berbagai kegiatan BI Solo agar mereka dapat terus mengasah keterampilan berorganisasi dan memimpin. BI Solo juga memberikan fasilitasi kepada GenBI untuk melakukan berbagai kegiatan bertema pendidikan dan sosial kemasyarakatan untuk mengasah empati dan kepedulian sosialnya.

"Dalam waktu dekat, GenBI akan dilibatkan dalam penyaluran bantuan paket logistik bagi masyarakat terdampak Covid-19. BI Solo juga akan terus mengembangkan komunitas GenBI Solo dengan berbagai kegiatan dan program inovatif dan kreatif," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement