Senin 22 Jun 2020 11:00 WIB

Kapal Iran Bermuatan Makanan Sampai di Venezuela

Iran mengirim pasokan makanan untuk swalayan Iran pertama di Venezuela

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Kapal Iran yang membawa makanan mendekati pelabuhan La Guaira, Venezuela. Ilustrasi.
Foto: MINCI
Kapal Iran yang membawa makanan mendekati pelabuhan La Guaira, Venezuela. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, CARACAS -- Kapal Iran yang membawa makanan mendekati pelabuhan La Guaira, Venezuela. Perusahaan analisis data Refinitiv Eikon dan Kedutaan Iran untuk Venezuela mengatakan muatan kapal itu akan memasok makanan ke pasar swalayan Iran pertama di negara Amerika Latin itu.

Bulan lalu Iran memasok 1,5 juta barel bensin ke Venezuela yang kilang minyaknya berhenti beroperasi. SanksI-sanksi Amerika Serikat (AS) telah menyulitkan Venezuela mendapatkan bahan bakar dari pasar internasional.

Baca Juga

Kapal kargo berbendera Iran milik Mosakhar Darya Shipping Co itu berangkat dari pelabuhan Bandar Abbas pada 15 Mei lalu. Berdasarkan data Eikon, pada Maret lalu lima kapal tanker bermuatan bahan bakar untuk negara Karibia juga berangkat dari bandara yang sama.

"Golsan akan tiba membawa makanan untuk membuka pasar swalayan Iran pertama di Venezuela," cicit Kedutaan Besar Iran di Venezuela, Senin (22/6).

Mereka tidak menyampaikan detail tentang pasokan makanan atau pasar swalayan tersebut. Kementerian Informasi Venezuela tidak menjawab permintaan komentar.

Salah satu sumber mengatakan Iran diperkirakan akan mengirimkan dua atau tiga kapal bermuatan bensin ke Venezuela. Pengiriman ini akan membantu mengurangi penumpukan bahan bakar di Iran dan mengisi kekosongan di Venezuela.

Iran dan Venezuela mempererat hubungan bilateral mereka sebagai bentuk perlawanan terhadap AS. Washington memberlakukan sanksi keras terhadap dua negara tersebut.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement