Rabu 24 Jun 2020 07:00 WIB

Kedua Kalinya, Menhan Prabowo Kunjungi Rusia

Kepala Humas Kemenhan belum memonitor apakah Prabowo membahas Sukhoi Su-35 di Rusia.

Rep: Erik PP/ Red: Erik Purnama Putra
Menhan Prabowo Subianto bertemu Wakil Menhan Rusia Colonel General Alexander Fomin di Markas Kemenhan Rusia, di Moskow pada Selasa (23/6).
Foto: Dok Humas Kemhan
Menhan Prabowo Subianto bertemu Wakil Menhan Rusia Colonel General Alexander Fomin di Markas Kemenhan Rusia, di Moskow pada Selasa (23/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto kembali mengunjungi Rusia pada Selasa (23/6). Dalam kunjungan kali ini, Prabowo menggelar pertemuan dengan Wakil Menhan Rusia, Colonel General Alexander Fomin di Markas Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Rusia, di Moskow pada Selasa (23/6). Prabowo hadir didampingi Kepala Biro Tata Usaha dan Protokol Setjen Kemenhan Brigjen Rui FGP Duarte, serta Dubes RI untuk M Rusia Wahid Supriyadi.

Kepala Biro Humas Setjen Kemenhan, Brigjen Ignatius Eko Djoko Purwanto, mengatakan, dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak membicarakan hubungan bilateral dan kerja sama di berbagai bidang, termasuk pendidikan, latihan bersama, serta kerja sama industri pertahanan. "Menhan RI berada di Rusia dalam rangka menghadiri undangan Menhan Rusia pada parade ulang tahun ke-75 kemenangan Rusia terhadap Jerman pada Perang Dunia II tahun 1941-1945," kata Djoko saat dikonfirmasi Republika pada Rabu (24/6).

Hanya saja, Djoko tidak menyinggung apakah pertemuan itu juga membahas tentang pembelian Sukhoi Su-35 yang hingga kini, tak kunjung direalisasikan Kemenhan RI dan Kemenhan Rusia. Padahal TNI AU sangat menantikan kedatangan Sukhoi generasi 4.5 tersebut untuk menggantikan pesawat F-5 Tiger yang sudah di-grounded pada April 2016.

Sayangnya, sudah empat tahun berlalu, kedatangan Sukhoi untuk memperkuat TNI AU tak kunjung terealisasi. "Saya belum monitor (apakah Menhan Prabowo membahas Sukhoi dalam pertemuan dengan Alexander Fomin)," ucap Djoko.

Kunjungan pertama Prabowo ke Rusia dilakukan pada 29 Januari 2020. Kala itu, Prabowo yang duduk disamping Asisten Khusus Menhan Letjen (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin menggelar pertemuan dengan Menhan Rusia Sergey Shoygu di kantor Kemenhan, Moskow. Kunjungan Prabowo itu bertepatan dengan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara yang selalu diperingati setiap 3 Februari.

Dalam rilis yang disiarkan Kemenhan Rusia, Sergey Shoygu mengatakan, pertemuan dengan Prabowo bermakna penting karena berlangsung jelang 70 tahun usia hubungan diplomasi antara Rusia dan Indonesia. Tidak hanya itu, Shoygu menyebut Kemenhan Rusia siap berpartisipasi dalam peringatan HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI yang jatuh pada 17 Agustus 2020. "Kementerian Pertahanan Rusia siap berpartisipasi dalam perayaaan itu," kata Shoygu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement