Rabu 24 Jun 2020 15:25 WIB

Perusahaan Perkebunan Diminta Antisipasi Kebakaran Lahan

Gubernur Sumatra Selatan tak ingin kebakaran hutan dan lahan terus berulang.

Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Herman Deru (berjas hitam) mengingatkan agar pemilik lahan perkebunan juga mengantisipasi kebakaran.
Foto: TNI AU
Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Herman Deru (berjas hitam) mengingatkan agar pemilik lahan perkebunan juga mengantisipasi kebakaran.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru meminta perusahaan perkebunan untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Ia tak ingin kejadian itu berulang kembali di provinsi yang terdiri atas 17 kabupaten dan kota tersebut.

"Segera antisipasi sedini mungkin, termasuk usaha perkebunan, agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan," kata gubernur di Palembang, Rabu (24/6).

Baca Juga

Herman menyebut, karhutla rutin setiap tahun. Karena itu, ia meminta agar perusahaan perkebunan, memikirkan juga tanggung jawab sosial dan lingkungan, selain jaga aset.

Perusahaan perkebunan, menurut Herman, telah mengantipasi karhutla seperti dengan pembuatan embung. Perusahaan juga sudah melaksanakan patroli dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan tersebut.

"Namun kesemuanya itu harus dimaksimalkan lagi agar kabut asap seperti pada 2015 akibat kebakaran hutan tidak terulang kembali," tuturnya.

Di lain sisi, Herman menyerukan agar koorporasi juga mesti memikirkan lingkungan sekitarnya, termasuk soal masalah lahan yang kerap masih memicu konflik dengan masyarakat. Ia menginginkan agar problem itu diselesaikan dengan jalan musyawarah dan menguntungkan kedua belah pihak.

"Bisa dicoba dikelola secara kemitraan, carikan solusi itu agar tidak menguras energi dengan masalah yang itu-itu saja," ucap dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement