Rabu 24 Jun 2020 17:27 WIB

Anak Semakin Gemari Medsos, Orang Tua Harus Bagaimana?

Orang tua perlu ikut menggunakan berbagai medsos yang digunakan oleh anak.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Anak main media sosial. Ilustrasi
Foto: Dailymail
Anak main media sosial. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Media sosial (medsos) memungkinkan anak, khususnya remaja, untuk tetap terhubung dengan teman-teman mereka selama karantina mandiri dan belajar dari rumah. Tak heran bila penggunaan medsos di kalangan remaja tampak semakin meningkat di tengah pandemi Covid-19.

Lantas, bagaimana orang tua harus menyikapinya? Dallas Children’s Advocacy Center mendorong orang tua untuk ikut menggunakan berbagai medsos yang digunakan oleh anak mereka. Orang tua juga dianjurkan untuk menjadikan media sosial sebagai salah satu sarana untuk berkominkasi dengan anak mereka sekaligus memahami perkembangan dunia virtual saat ini.

Yang tak kalah penting, orang tua harus berkomunikasi dengan anak mengenai konsekuensi dari penggunaan medsos. Anak perlu dibimbing agar bisa menggunakan media sosial mereka dengan hati-hati dan penuh tanggung jawab.

"Bicara kepada mereka mengenai hal-hal seperti perisakan daring dan keamanan internet," ujar terapis Michelle Rodgers seperti dilansir di WFAA, baru-baru ini.

Orang tua juga perlu menerapkan aturan terkait penggunaan gawai di rumah. Aturan ini sebaiknya tak hanya berlaku untuk anak, tetapi juga untuk orang tua. Sebagai contoh, orang tua bisa menerapkan aturan untuk mematikan ponsel sebelum tidur dan menyimpan ponsel di luar kamar anak.

Selain itu, orang tua juga perlu memahami aplikasi apa saja yang diunduh oleh anak-anak mereka. Pastikan bila semua aplikasi yang digunakan aman dan sesuai dengan usia anak. Ajak anak berdiskusi sebelum memutuskan untuk mengunduh suatu aplikasi.

"Kami hanya ingin Anda melakukan percakapan itu untuk memastikan bahwa mereka sudah cukup usia," ujar Rodgers.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement