Sabtu 27 Jun 2020 06:01 WIB

Islam, Iman, dan Ihsan tak Bisa Dipisahkan

Islam, iman, dan ihsan adalah satu kesatuan yang disebut agama Islam.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Islam, Iman dan Ihsan tak Bisa Dipisahkan
Foto: Mgrol120
Islam, Iman dan Ihsan tak Bisa Dipisahkan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diriwayatkan dalam sebuah hadits, Rasulullah Nabi Muhammad SAW pernah menjelaskan tentang Islam, iman dan ihsan dalam majelis yang dihadiri para sahabat dan didatangi Malaikat Jibril. Islam, iman, dan ihsan ini tidak bisa dipisahkan karena semuanya adalah satu kesatuan yang disebut agama Islam.

Ustadz Galih Maulana dalam buku Antara Fiqih dan Tasawuf terbitan Rumah Fiqih Publishing menjelaskan mengapa Islam, iman dan ihsan adalah satu kesatuan yang disebut agama Islam.

Ia menerangkan, meski Islam, iman dan ihsan disebut bertingkat-tingkat tapi bukan berarti maknanya mengerjakan satu level ke level berikutnya. Jadi yang dimaksud tingkatan adalah tingkatan keimanan.

"Artinya yang tadinya keimanannya lemah, mengerjakan ibadah tidak optimal, masih suka bermaksiat, sampai pada tingkat keimanan tinggi yang mana mampu merasakan muroqobatullah," kata Ustadz Galih dalam bukunya.

Ia mencontohkan orang yang imannya masih lemah. Maka orang tersebut akan mengerjakan sholat, namun sholatnya tidak khusyuk, tidak menjaga adab-adab dan sebagainya.

Lain halnya dengan orang yang sudah mencapai derajat ihsan. Ketika orang tersebut sholat, hatinya khusyuk, adab-adabnya dijaga, sunah-sunahnya dijaga, dan sholatnya akan membentenginya dari berbuat maksiat.

Inilah yang sangat sulit dilakukan oleh kebanyakan orang. Karena dalam praktiknya meskipun telah mengerjakan suatu ibadah lengkap dengan semua rukun dan sunahnya, tetapi belum tentu mampu menghadirkan hati sepenuhnya untuk tunduk dan merendahkan diri di hadapan Allah SWT.

"Mungkin saja raga kita melaksanakan sholat tetapi hati kita sibuk bersama dunia," ujar Ustaz Galih.

Ia menjelaskan, begitu juga dalam bermuamalah dengan manusia dan alam. Mungkin orang berakhlak baik hanya ketika ada kepentingan. Mungkin orang berakhlak baik hanya kepada golongannya saja. Padahal berakhlak baik adalah jenis ibadah juga.

Rasulullah bersabda, "Tidak ada sesuatu pun yang lebih berat dalam timbangan seorang mukmin di hari kiamat melainkan akhlak yang baik, dan sesungguhnya Allah sangat membenci orang yang suka berbicara keji lagi kotor."

Ustadz Galih mengingatkan, inilah pentingnya belajar tasawuf di samping belajar fikih.

"Barang siapa bertasawuf tanpa fiqih maka akan menjadi zindiq, barang siapa berfiqih tanpa tasawuf maka akan menjadi fasiq, dan barang siapa mengamalkan keduanya maka akan mencapai hakikat."

Ustadz Galih mengatakan, meski penisbatan ucapan (kutipan) tersebut kepada Imam Malik masih diperbincangkan, namun maknanya memang benar adanya. Ketika orang bertasawuf namun tidak mempunyai pengetahuan tentang fiqih akan menjadi zindiq, ia akan seenaknya meninggalkan sholat karena merasa sudah dekat dengan Allah.

Begitu juga orang yang tahu fiqih namun tidak bertasawuf. Orang itu akan bermudah-mudahan dalam menjalankan syariat, sholat asal-asalan yang penting sah.

"Intinya Islam, iman dan ihsan adalah satu kesatuan yang dinamakan agama Islam, semuanya berjalan bersama beriringan, barang siapa memisahkannya maka telah berkurang sebagian dari agama," jelasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement