Ahad 28 Jun 2020 17:48 WIB

Jumlah Pasien Sembuh 1.027 Orang, Rekor Terbanyak

Meski tingkat kesembuhan naik, penambahan kasus positif harian masih tinggi.

Rep: Sapto Andika Candra / Red: Ratna Puspita
Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan yang juga Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan yang juga Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jumlah pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh secara harian menyentuh rekor tertingginya. Selama 24 jam terakhir, sejak Sabtu (27/6) sampai Ahad (28/6), tercatat ada 1.027 pasien yang dinyatakan sembuh sehingga totalnya mencapai 22.936 pasien yang sembuh. 

Pasien Covid-19 dinyatakan sembuh setelah mendapat hasil tes PCR negatif dua kali berturut-turut. Pasien sembuh terbanyak hari ini disumbangkan oleh Provinsi Papua dengan 335 orang dinyatakan sembuh. 

Baca Juga

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyebutkan, jumlah pasien sembuh di Papua pada hari ini sebenarnya merupakan akumulasi dari temuan beberapa hari terakhir. Hanya, dinas kesehatan setempat belum melakukan konformasi orang per orang. 

"Data ini sebenarnya adalah data yang sudah di-collect sejak kemarin tetapi belum terkonfirmasi secara orang per orang. Hanya masih data agregat. Hari ini sudah bisa diselesaikan secara administratif memperinci data kesembuhan yang baru sudah gunakan data orang perorang," jelas Yurianto dalam keterangan pers, Ahad (28/6). 

Menyusul Papua, ada DKI Jakarta dengan jumlah pasien Covid-19 yang sembuh sebanyak 255 orang. Kemudian selanjutnya ada Jawa Timur dengan 101 orang sembuh, Kalimantan Selatan dengan 80 pasien sembuh, Sulawesi Selatan dengan 60 orang sembuh, dan provinsi lain dengan jumlah pasien sembuh yang lebih sedikit. 

Kendati tingkat kesembuhan terus menanjak naik, penambahan kasus positif harian masih terbilang tinggi. Tercatat ada 1.198 kasus positif baru dalam 24 jam terakhir. 

Dari angka tersebut, Jawa Timur masih menjadi provinsi dengan penambahan kasus harian tertinggi yakni 330 kasus baru. Kemudian disusul Sulawesi Selatan dengan 192 kasus baru, Jawa Tengah dengan 188 kasus baru, DKI Jakarta dengan 125 kasus baru, dan Kalimantan Selatan dengan 73 kasus baru. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement