Rabu 01 Jul 2020 07:57 WIB

Arab Saudi Sentuh Rekor Tertinggi Kasus Covid-19 Harian

Kota Al-Hafouf mencatat kasus baru Covid-19 tertinggi di Arab Saudi

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Keluarga di Arab Saudi keluar pada malam hari saat kasus Covid-19 meningkat, ilustrasi
Foto: REUTERS/Ahmed Yosri
Keluarga di Arab Saudi keluar pada malam hari saat kasus Covid-19 meningkat, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH — Arab Saudi melaporkan 4.387 kasus baru Covid-19 pada Selasa (30/6). Itu merupakan peningkatan kasus tertinggi yang pernah dicatat Saudi dalam sehari.

Dilaporkan laman Al-Arabiya, sebagian besar kasus baru yang dilaporkan berasal dari kota al-Hafouf, yakni berjumlah 980. Riyadh menyusul di urutan kedua dengan 342 kasus.

Baca Juga

Juru bicara Kementerian Kesehatan Arab Saudi Dr. Mohammed al-Abd al-Ali mengungkapkan lonjakan kasus terjadi karena kurang dipatuhinya langkah-langkah pencegahan, seperti pembatasan sosial. Dia mendesak warga menaati protokol kesehatan guna mengekang penyebaran virus.

Sejak 17 Juni lalu, kasus baru Covid-19 yang dilaporkan Saudi selalu melebihi 3.000 kasus per hari. Saat ini negara tersebut diketahui telah mencabut peraturan pembatasan sosial di seluruh wilayahnya.

"Kita dapat melihat pada bulan Juni, khususnya dari pertengahan Juni, kita telah mencatat tingkat infeksi antara 1 dan sekitar 1,5,” kata al-Ali pada Senin (29/6) lalu. 

Dia meminta warga memahami bahwa para ahli telah menyarankan agar pemerintah menjaga tingkat penularan Covid-19 di angka 1. Dengan demikian jumlah infeksi tetap rendah dan penyebaran virus lebih lambat. "Saat ini kita perhatikan dalam beberapa hari terakhir ada sedikit peningkatan yang mengharuskan kita untuk berhati-hati,” ujarnya.

Sejauh ini, Saudi memiliki 190.823 kasus Covid-19. Junlah korban meninggal di negara tersebut telah mencapai 1.649 jiwa. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement