Setelah Beroperasi 40 Tahun, Bandara Lama Jeddah Dipindah

Rabu , 01 Jul 2020, 16:21 WIB Redaktur : Muhammad Subarkah
Bandara Jeddah, Arab Saudi,
Bandara Jeddah, Arab Saudi,

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Setelah 40 tahun, kota Jeddah kini mengucapkan selamat tinggal pada bandara lamanya seiring dengan menyusul penutupan Terminal Selatan dan mengalihkan penerbangan ke Terminal 1 yang baru. Otoritas Umum Penerbangan Sipil (GACA) menerbitkan klip video untuk Terminal Selatan, menjelaskan bahwa Terminal Selatan akan ditutup setelah 40 tahun pelayanan.

 

Terkait

Isinya antara berbagai sudut kenangan indah perjalanan yang tak terlupakan ke rumah dan antar negara di dunia. Video ini juga termasuk cuplikan Terminal Nomor 1 yang dilengkapi dengan teknologi internasional terbaru.

Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah pada Selasa pekan lalu memang telah mengumumkan bahwa Terminal Selatan bandara ditutup untuk lalu lintas penumpang, dan semua operasi dipindahkan ke Terminal 1. Patut dicatat bahwa Terminal 1 yang baru memiliki kapasitas lebih dari 30 juta penumpang per tahun.

Ini terdiri dari 220 konter untuk menyelesaikan prosedur perjalanan, konter layanan mandiri 80 penumpang, 46 gerbang untuk penerbangan internasional dan domestik. Di samping itu tersedia sistem canggih untuk menangani bagasi penumpang.

GACA telah mulai mentransfer penerbangan, baik domestik maupun internasional, secara bertahap dari bandara Jeddah lama ke Terminal No. 1.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini