Rabu 01 Jul 2020 23:47 WIB

Doa Saat Keraguan Melanda Iman

Jika keraguan melanda iman, segeralah berdoa.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Doa Saat Keraguan Melanda Iman. Foto: Ilustrasi Berdoa
Foto: Pixabay
Doa Saat Keraguan Melanda Iman. Foto: Ilustrasi Berdoa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Dalam buku Kumpulan Doa Berdasarkan Alquran dan Sunah karya Sa'id Ali bin Wahf al-Qahthoni disebutkan, ketika hati dilanda keraguan dalam beriman, segeralah ia memohon perlindungan kepada Allah SWT. Satu-satunya zat yang Maha Kuasa, lagi Maha Penyayang.

Ketika ragu itu mendera, ingat-ingatlah perkataan hadist yang diriwayatkan Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda yang artinya: "Hendaklah ia berhenti dari keraguan,". Kemudian, lafalkanlah doa yang juga bersumber dari hadist Rasulullah SAW.

Baca Juga

Dalam hadist riwayat Muslim, Rasulullah bersabda: "Aamantu billahi wa Rasulihi,". Yang artinya: "Aku beriman kepada Allah dan para Rasul yang diutus olehNya,".

Tak lupa, bacalah juga doa yang bersumber dari hadist riwayat Abu Dawud berikut ini: "Huwal-awwalu, wal-akhiru, waz-zhahiru, wal-bathinu, wa huwa bikulli syai'in aliim,". Yang artinya: "Dialah yang awal dan yang akhir, yang lahir, yang batin. Dialah Yang Mahamengetahui atas segala sesuatu,".

Semoga dengan membaca doa tersebut, Allah memberikan petunjukNya dan menempatkan kita selalu ke dalam barisan orang-orang saleh. Sehingga ketika berpindah ke akhirat, kita dapat ditempatkan bersama Rasulullah, sahabat-sahabatnya, serta orang-orang saleh kaum Muslimin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement