Jumat 03 Jul 2020 14:08 WIB

Botswana Masih Selidiki Kematian Misterius 275 Gajah

Botswana merupakan rumah bagi sepertiga populasi gajah di Afrika.

Botswana Masih Selidiki Kematian Misterius 275 Gajah
Foto: flickr
Botswana Masih Selidiki Kematian Misterius 275 Gajah

REPUBLIKA.CO.ID, GABORONE -- Botswana masih menyelidiki kematian ratusan gajah yang jumlahnya naik dari 154 ekor pada dua pekan lalu jadi 275, kata otoritas terkait, Kamis (2/7).

Kematian yang ganjil pada gajah-gajah itu pertama kali ditemukan pada Juni di wilayah Okavango Panhandle. Otoritas setempat mengatakan sejak saat itu mereka berusaha mencari sebab kematian gajah.

Baca Juga

Menurut otoritas terkait, kematian itu tidak disebabkan oleh aksi perburuan liar karena jasad gajah ditemukan dalam kondisi utuh.

"Tiga laboratorium di Zimbabwe, Afrika Selatan dan Kanada telah ditunjuk untuk memeriksa sampel yang diambil dari jasad gajah," kata Kementerian Lingkungan Hidup, Sumber Daya Alam, Konservasi, dan Pariwisata Botswana lewat pernyataan tertulis.

Dalam laporan yang disiapkan untuk pemerintah, kelompok konservasi Elephants Without Borders (EWB) mengatakan hasil survei dari udara menunjukkan gajah-gajah dari berbagai usia terlihat sekarat. Organisasi itu menghitung 169 gajah mati pada 25 Mei, 187 ekor lainnya mati pada 14 Juni, demikian isi laporan tersebut.

Namun, pimpinan EWB belum menanggapi permintaan yang disampaikan melalui telepon dan pesan singkat menyangkut laporan tersebut.

"Sebagian gajah-gajah yang kami amati terlihat lemah, lesu, dan kurus. Beberapa gajah lainnya terlihat mengalami disorientasi, sulit berjalan, dan menunjukkan tanda lumpuh di sebagian tubuhnya atau pincang," menurut laporan EWB.

"Salah satu gajah yang diamati berjalan memutar membentuk lingkaran, ia tidak dapat mengubah arah jalannya meskipun telah dibantu oleh anggota-anggota kawanan gajah lainnya," tambah laporan itu.

Laporan EWB itu mencakup desakan kepada pemerintah untuk segera mengambil tindakan jika kematian gajah itu disebabkan oleh penyakit atau racun.

Keseluruhan populasi gajah di Afrika turun karena perburuan liar, tetapi jumlah satwa itu di Botswana naik dari 80 ribu ekor pada akhir 1990-an jadi 130 ribu ekor. Botswana merupakan rumah bagi sepertiga populasi gajah di Afrika.

Namun, gajah kerap dianggap sebagai gangguan bagi para petani karena kebun mereka kerap dirusak oleh hewan tersebut. Presiden Botswana Mokgweetsi Masisi mencabut larangan berburu satwa liar pada Mei tahun lalu, tetapi musim berburu yang berlangsung pada April tidak dapat mendatangkan banyak pemburu akibat larangan perjalanan terkait pandemi Covid-19. Larangan berburu itu sempat berlaku selama lima tahun di Botswana.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement