Selasa 07 Jul 2020 11:40 WIB

PHBI Sumbar akan Gelar Sholat Idul Adha

Sholat Idul Adha di Sumbar digelar dengan protokol kesehatan.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
PHBI Sumbar akan Gelar Sholat Idul Adha. Foto: Shalat Idul Adha (ilustrasi)
Foto: Antara/Sahrul Manda Tikupadang
PHBI Sumbar akan Gelar Sholat Idul Adha. Foto: Shalat Idul Adha (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG--Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Sumatra Barat akan menyelenggarakan ibadah sholat Idul Adha 1441 H yang jatuh pada Jumat (31/7) mendatang.  Kabiro Mental dan Kesra Setdaprov Sumbar Syaifullah mengatakan pihaknya akan menggelar sholat Idul Adha di Halaman Kantor Gubernur Sumbar dengan mematuhi protokol covid-19. Karena walau sudah new normal, virus corona di Sumbar masih ada.

"Penyelenggaraan Ibadah Idul Adha yang lebih dikenal hari raya qurban, akan dilaksanakan di halaman kantor gubernur dengan tetap berpedoman disiplin protokol kesehatan dimasa pendemi covid 19," kata Syaifullah, Selasa (7/7).

Baca Juga

Syaifullah menyebut PHBI Pemprov Sumbar sudah menentukan yang akan menjadi khatib dan imam sholat Idul Adha 1440 H. Khatib adalah Ketua MUI Padang Buya Duski Samad dan Imam Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumbar Syaihul Basir.

Syaifullah menyebut PHBI akan mengatur tempat sholat di Halaman Kantor Gubernur supaya memenuhi standar protokol covid. Seperti memasang tali pengatur shaf serta fasilitas protokol covid seperti thermo gun dan wastafel tempat cuci tangan.

Semua jamaah yang akan ikut sholat Idul Adha di halaman Kantor Gubernur Sumbar nanti diwajibkan memakai masker dan membawa sajadah masing-masing dari rumah. Jamaah yang tidak dalam kondisi sehat tidak akan diperkenankan datang.

PHBI Sumbar juga menyiapkan alternatif bila saat 10 Zulhijjah nanti cuaca hujan. Bila cuaca tidak bersahabat, panitia akan mengalihkan lokasi sholat Id ke Masjid Raya Sumbar.

"Jika hari hujan otomatis kegiatan penyelenggaraan sholat idul adha 1441 H akan diselenggarakan di masjid raya Sumatera Barat. Dan kita berharap semua komponen pantia, pihak keamanan dapat mendukung dan melakukan pengaman dalam acara ini," ujar Syaifullah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement