Kamis 09 Jul 2020 05:06 WIB

Dinkes Tangerang Gelar Pemeriksaan Penyakit tidak Menular

Agar bisa memetakan mana masyarakat yang memiliki potensi terjangkit Covid-19.

Dinkes Tangerang Gelar Pemeriksaan Penyakit tidak Menular(ilustrasi)
Foto: ANTARA /SISWOWIDODO
Dinkes Tangerang Gelar Pemeriksaan Penyakit tidak Menular(ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Dinas Kesehatan Tangerang melalui Puskesmas melakukan pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat yang memiliki penyakit tidak menular dalam menekan penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Tangerang dr Liza Puspadewi mengatakan, saat ini memang sedang digencarkan kegiatan rapid test di pusat keramaian seperti pasar tradisional.

Selain menyediakan rapidtest, pihak Dinas Kesehatan Kota Tangerang juga menyediakan pengecekan skrining Tuberkulosis (TBC), pengecekan HIV dan penyakit tidak menular seperti diabetes.

Sementara itu, Puskesmas Tanah Tinggi di Kecamatan Tangerang telah melakukan kegiatan rapid test pelayanan pemeriksaan gula darah, tensi darah dan skrining TB paru.

"Kegiatan kolaborasi ini sengaja kami (Puskesmas Tanah Tinggi) lakukan agar bisa memetakan mana masyarakat yang memiliki potensi lebih besar terjangkit Covid-19 dengan riwayat memiliki penyakit penyerta," ucap Kepala Puskesmas Tanah Tinggi, drg. Nitiya Meyeranti dalam keterangannya, Rabu (8/7).

Sebelumnya, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, pelaksanaan kegiatan dengan sasaran keramaian adalah bagian dari upaya memutus penyebaran Covid-19 di masa transisi normal baru.

"Kami meyakini bahwa pelaksanaan rapid test yang disebar pada beberapa lokasi tersebut bisa mendeteksi dini jika ada warga yang terpapar covid-19 kemudian berkunjung ke tempat-tempat keramaian. Untuk hari ini telah disiapkan alat rapid test sebanyak 100 buah," ujar Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah.

Selain itu, Wali Kota juga telah menginstruksikan kepada Camat dan Lurah untuk tetap melakukan pengawasan aktifitas masyarakat dalam hal penerapan protokol kesehatan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement