Jumat 10 Jul 2020 15:07 WIB

Wanita Suriah Sukses Membuat Masyarakat Alquran 

Masyarakat Alquran diwujudkan oleh wanita Suriah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Wanita Suriah Sukses Membuat Masyarakat Alquran. Foto: Ilustrasi Alquran
Foto: pxhere
Wanita Suriah Sukses Membuat Masyarakat Alquran. Foto: Ilustrasi Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL ---Suzan Shaikha adalah satu di antara segelintir perempuan Muslim yang sukses mensyiarkan Al Quran. Ia adalah perempuan asal Suriah yang mengetahui banyak tentang keilmuan Al Quran. 

Sudah 25 tahun lalu, Shaikha meninggalkan kota Damaskus, Suriah dan memilih tinggal di Istanbul Turki. Ia berusaha mempelajari Al Quran dan mengajarkannya. 

Baca Juga

Shaikha adalah penghafal Al Qur'an. Ia pun menguasai sepuluh gaya bacaan Al Qur'an. Di Istanbul, ia dikenal sebagai umm al Bashar. Shaikha bahkan mendirikan sebuah lingkungan pendidikan Al Qur'an atau masyarakat Al Qur'an yang bernama Diyar Al Qur'an. 

Di situ ia mengajarkan Al Qur'an kepada para wanita dan anak-anak. Sebagai seorang perempuan Muslim, Shaikha berupaya melakukan segala hal sesuai tuntunan Islam. 

"Saya dulu mengajar Al Qur'an di rumah, dan saya menemukan ada kelemahan dalam mengajar Al Qur'an dan permasalahan-permasalahan agama. Itu mengapa ide mendirikan masyarakat Al Qur'an muncul dibenak saya dan terealisasi pada 2015 dengan dukungan keluarga," kata Shaikha seperti dilansir Iqna.ir pada Jumat (10/7). 

Shaikha mengatakan saat omk terdapat 450 wanita Arab dan 170 wanita Turki yang belajar Al Qur'an di Diyar Al Qur'an.  Dia menambahkan bahwa siswa juga mengikuti ujian yang diselenggarakan Direktorat Urusan Agama Turki (Diyanet). Sebanyak 22 siswa telah memperoleh ijazah tahun lalu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement