Jumat 10 Jul 2020 21:36 WIB

19 Dosen Unhas Reaktif Tes Cepat Corona

Para dosen yang reaktif akan segera dites usap.

Dokter patologi klinik memeriksa sampel media pembawa virus Corona. (Ilustrasi)
Foto: Antara/Umarul Faruq
Dokter patologi klinik memeriksa sampel media pembawa virus Corona. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Sebanyak 19 dosen yang reaktif saat menjalani rapid test massal di Universitas Hasanuddin dari 8-10 Juli 2020 langsung menjalani tes usap. Hal ini untuk memastikan apakah para dosen itu terpapar Covid-19 dan perlu penanganan khusus.

Ke-19 dosen yang reaktif itu rinciannya yakni sebanyak delapan orang ditemukan reaktif pada hari pertama (8/7), enam orang pada pemeriksaan kedua (9/7) dan sebanyak lima orang ditemukan reaktif pada pemeriksaan terakhir di GOR Unhas Makassar hari ini.

Baca Juga

Sekretaris Universitas Hasanuddin, Prof Dr Ir H Nasaruddin Salam MT, Jumat mengatakan bahwa kegiatan rapid test ini merupakan bagian dari upaya Unhas untuk menjadikan kampus sebagai kawasan bersih dari Covid-19.

“Kita konsisten melakukan screening atau penapisan. Ini merupakan bentuk komitmen Unhas untuk menjadikan bagian dari solusi. Setelah sebelumnya kita menggelar rapid test massal yang diikuti oleh dua ribuan tenaga kependidikan, kali ini dilanjutkan dengan rapid test untuk dosen,” kata Prof Nasaruddin

 

Selama tiga hari kegiatan rapid test, seribu lebih dosen ikut berpartisipasi. Sebagian dosen tidak dapat hadir karena beberapa alasan. Umumnya karena alasan kesibukan di luar kampus. Saat ini, Unhas memang sedang dalam masa semester antara, sehingga tidak ada kegiatan akademik di dalam kampus.

Hingga akhir pelaksanaan, masih ada beberapa dosen yang datang dan meminta untuk rapid. Namun karena waktu yang terbatas, maka tim Rapid Test dari Rumah Sakit Daya yang telah bertugas selama tiga hari tidak dapat lagi melayani.

Direktur Komunikasi Unhas Ir Suharman Hamzah, PhD, mengatakan bahwa kegiatan rapid test ini merupakan wujud konsistensi Unhas untuk menjadi bagian dari solusi. Hal ini juga merupakan pesan Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA, yang selalu dikemukakan pada setiap kesempatan.

Salah seorang dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) yang merupakan ahli epidemiologi Unhas, Prof Dr Ridwan Amiruddin, SKM MKes, MSc.PH, adalah salah seorang dosen yang menunjukkan hasil reaktif. Beliau secara terbuka mengumumkan hasil ini pada akun sosial medianya (facebook).

“Hasil rapid test reaktif, menunggu hasil PCR. Mohon do’anya. Saya baik-baik saja dan isolasi mandiri. Saya OTG. Ketat protokol,” tulis Prof. Ridwan. Postingan ini banjir komentar dari teman-teman dan sejawatnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement