Senin 13 Jul 2020 10:14 WIB

Amalan yang Menandingi Pahala Berhaji

Amalan itu akan menjadikan manusia yang mengamalkannya lebih utama dari yang lain.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Amalan yang Menandingi Pahala Berhaji
Foto: Republika.co.id
Amalan yang Menandingi Pahala Berhaji

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 membuat banyak umat Muslim di berbagai negara tak bisa pergi berhaji tahun ini. Meski tak dapat berhaji secara langsung, seorang Muslim ternyata masih bisa mempunyai kesempatan meraih pahala setara bahkan lebih tinggi dari pahala berhaji tanpa harus pergi ke tanah suci. Ustadz Bobby Herwibowo menjelaskan ada amalan yang nilai pahalanya bisa menandingi pahala berhaji. 

Dalam sebuah hadits yang redaksi lengkapnya dapat ditemukan di hadits riwayat Bukhari dam Muslim, Rasulullah mengajarkan amalan tersebut. Ustadz Bobby mengatakan dalam hadits itu dijelaskan ada sejumlah orang miskin yang menghadap kepada Rasulullah lalu mengeluh dan membandingkan kondisi dirinya dan orang kaya.

Baca Juga

Orang-orang yang menghadap pada Rasul itu iri lantaran orang-orang kaya itu tak hanya punya kesempatan meraih pahala sholat dan puasa. Namun, orang-orang kaya itu juga bisa meraih pahala berhaji, berumroh dan bersedekah. 

Rasul pun memberikan amalan bagi orang-orang miskin itu. Di mana dengan mengerjakan amalan itu, orang-orang itu akan mampu melampaui pahala kebaikan setiap orang.

Dan dengan amalan itu juga orang-orang tak akan bisa menyusul pahala kebaikannya. Orang yang menjalankan amalan itu pun akan menjadi manusia yang lebih utama dari yang lainnya. 

Rasulullah memberi tahu amalan yang mampu menandingi pahala orang yang berhaji, berumroh, serta bersedekah. Amalan itu adalah membaca kalimat tasbih, tahmid, dan takbir, setiap selesai sholat fardhu. 

"Jadi amalan haji, amalan umrah, juga fi sabilillah juga sedekah bisa kalian kalahkan hanya dengan subahanalah wal hamdulillah walaailaaha illallahhu Allahuakbar, kalau digabungkan," kata Ustadz Bobby kepada Republika.co.id.

Karena itu, Ustadz Bobby mengajak umat Muslim di Indonesia khususnya yang tak bisa pergi haji tahun ini agar tidak bersedih hati. Ia mengajak agar umat Muslim di tanah air tetap bersemangat meraih pahala berhaji dengan memperbanyak membaca kalimat tasbih, tahmid, dan takbir. 

Ustadz Bobby juga menjelaskan terdapat beberapa poin yang bisa dipetik dari keterangan hadits tentang amalan yang dapat menyaingi pahala ibadah berhaji itu. Diantaranya, agar umat Muslim senantiasa berlomba-lomba dalam kebaikan.

Karenanya untuk beramal seorang hamba harus memiliki ilmu dan dilakukan dengan ikhlas. Selain itu, umat Muslim juga dipacu agar bisa menjadi Muslim yang mempunyai kecukupan harta sehingga dapat digunakan untuk kemaslahatan.

Hadits tersebut, menurut Ustaz Bobby, juga mengajak umat Muslim pandai bersyukur dengan segala nikmat dan karunia yang diberikan Allah. Selain itu, hadits itu juga memberikan informasi dahsyatnya pahala kalimat tasbih, tahmid dan takbir. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement