Selasa 14 Jul 2020 16:04 WIB

Arab Saudi Siap Buka Kembali Pusat Hiburan

Pusat hiburan di Arab Saudi buka dengan menerapkan protokol kesehatan.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Ani Nursalikah
Arab Saudi Siap Buka Kembali Pusat Hiburan. Dua orang perempuan mengunjungi mal atau pusat perbelanjaan di Arab Saudi.
Foto: Arab News/Basheer Saleh
Arab Saudi Siap Buka Kembali Pusat Hiburan. Dua orang perempuan mengunjungi mal atau pusat perbelanjaan di Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Ketua Otoritas Hiburan Umum (GEA) Turki Bin Abdulmohsen Al-Shiekh mengumumkan dibukanya kembali kegiatan di pusat-pusat hiburan Arab Saudi. Dalam pemberitahuan yang diumumkan Ahad (12/7), GEA juga melampirkan protokol yang harus dipersiapkan dan diterapkan. 

Protokol itu berisi panduan otoritas untuk dimulainya kembali kegiatan hiburan, menetapkan aktivitas simulasi untuk mencapai keselamatan pengunjung dari kedatangan ke keberangkatan, termasuk pergerakan di antara tempat, menjauhkan, dan kapasitas tempat.

Baca Juga

Sebelumnya, GEA, pada akhir Juni, telah meluncurkan panduan yang berisi protokol coronavirus untuk memastikan kesehatan dan keselamatan masyarakat untuk melanjutkan kegiatan rekreasi. Panduan ini menguraikan peraturan, yang harus diikuti oleh taman hiburan, pusat rekreasi, dan penyelenggara acara.

"Kami Kembali dengan perhatian, fokus pada kesadaran kesehatan, jarak fisik, dimensi organisasi dan pencegahan,” tulis Turki Bin Abdulmohsen Al-Shiekh dalam unggahan resmi GEA yang dikutip di Saudi Gazette, Senin (13/7). 

Dia menjelaskan, pengingat kesadaran kesehatan ini mencakup publikasi pesan yang menyerukan kepada orang-orang, untuk tidak menghadiri acara apa pun jika ia memiliki gejala corona atau telah melakukan kontak dengan kasus yang dikonfirmasi dalam dua minggu terakhir.

“Ini memberikan materi pendidikan kepada semua pekerja dan pengunjung tentang prosedur dan instruksi yang harus diikuti untuk mengunjungi tempat untuk kegiatan rekreasi,” ujarnya.

Prosedur tersebut mengharuskan adanya jarak fisik dengan mengatur aliran kerumunan dan pengaturan tempat duduk untuk menghindari kemacetan sembari menjaga jarak dua meter antara individu. Terdapat pula instruksi yang mencakup aspek organisasi yang memerlukan penyelidikan epidemiologis dari kontak peserta dan penyelenggara, pra-registrasi data dan nomor kontak, komitmen untuk menggunakan sarana pemesanan dan pembelian tiket elektronik, pelatihan karyawan sebelum dimulainya acara.

“Berkenaan dengan langkah-langkah pencegahan, protokol menetapkan bahwa situs hiburan harus disanitasi dan peserta yang akan diberikan pembersih di semua pintu masuk dan keluar,” ujarnya.

Sumber: https://saudigazette.com.sa/article/595424

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement