Selasa 14 Jul 2020 22:16 WIB

Dompet Dhuafa Bakal Salurkan Daging ke 500 Ribu Mustahik

500 ribu orang mustahik daging qurban sudah diverifikasi sejak Desember 2019.

Rep: Febryan A/ Red: Muhammad Fakhruddin
Program Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa membagikan daging kurban untuk para penerima manfaat.
Foto: Dompet Dhuafa
Program Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa membagikan daging kurban untuk para penerima manfaat.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Lembaga Filantropi Islam Dompet Dhuafa akan menyalurkan daging qurban kepada 500 ribu orang mustahik pada akhir Juli mendatang. Mereka tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Ketua sementara Program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa, Zainal Abidin, mengatakan, 500 ribu orang mustahik itu sudah diverifikasi sejak Desember 2019. Semua data mereka telah dicatat, mulai dari KTP, kartu keluarga, hingga alamat lengkap.

"Sebaran mereka di sekitar 15 sentra ternak mitra THK Dompet Dhuafa di Pulau Jawa, dan ratusan peternak mitra di luar Pulau Jawa," kata Zainal kepada Republika.co.id, Selasa (14/7).

Zainal menyebut, pihaknya nanti akan membagikan langsung daging ke rumah masing-masing para mustahik. Untuk memastikan mustahik yang tinggal di kawasan terpencil mendapatkan daging qurban, pihaknya akan memanfaatkan 200 cabang Dompet Dhuafa di seluruh Indonesia. "Insya Allah lebih merata dibanding tahun-tahun sebelumnya, dan tidak ada tumpang-tindih distribusinya," ucap Zainal.

Zainal menambahkan, hingga hari ini telah terdapat 10.000 orang yang berqurban lewat program THK Dompet Dhuafa. Jumlah hewan qurbannya adalah 8.000 ekor domba/kambing dan 250 ekor sapi. Jumlah itu diperkirakan akan terus bertambah jelang perayaan Idul Adha pada akhir Juli nanti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement