14 Zulhijjah 1441

Ini Cara Cek Nomor Porsi untuk Perkiraan Berangkat Haji

Jumat , 17 Jul 2020, 21:31 WIB Reporter :Kiki Sakinah/ Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Ini Cara Cek Nomor Porsi untuk Perkiraan Berangkat Haji (ilustrasi).
Ini Cara Cek Nomor Porsi untuk Perkiraan Berangkat Haji (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Minat untuk mendaftar haji yang kian meningkat telah menyebabkan daftar tunggu keberangkatan jamaah haji semakin bertambah lama. Jamaah yang sudah mendaftarkan diri untuk pergi haji ke Kementerian Agama, selanjutnya akan memiliki nomor porsi untuk perkiraan berangkat haji.

 

Pengecekan perkiraan keberangkatan dapat dilakukan menggunakan nomor porsi. Jamaah akan mendapatkan nomor porsi haji setelah jamaah melakukan pembayaran setoran awal haji sebesar Rp 25 juta ke BPS (bank).

Calon jamaah selanjutnya akan mendapatkan bukti setoran awal Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang mencantumkan nomor porsi haji. Nomor porsi haji terdiri dari 10 digit dan tertera dalam bukti setoran awal BPIH yang didapatkan saat mendaftar haji di bank.

Jika sebelumnya cek perkiraan berangkat haji dapat dilakukan melalui https://haji.kemenag.go.id/v3/, kini perkiraan keberangkatan haji dapat dipantau oleh calon jamaah melalui aplikasi Haji Pintar.

Tahun ini, Kemenag menambah fitur-fitur dalam aplikasi Haji Pintar. Mulai dari pendaftaran, jadwal keberangkatan, hingga pelaksanaan ibadah haji di Arab Saudi. Selain pembinaan haji atau manasik, terdapat fitur tambahan di antaranya fitur keuangan haji, di mana jamaah bisa melihat berapa biaya haji perembarkasi. Jamaah juga dapat melihat informasi pembatalan dan pelunasan serta informasi umrah.

Di samping itu, masyarakat juga bisa mengecek travel-travel yang berizin, baik itu haji khusus maupun travel umroh PPIU dan PIHK. Dengan aplikasi Haji Pintar, jamaah juga bisa mengetahui hak dan kewajibannya, layanan luar negeri seperti akomodasi, transportasi dan konsumsi di Arab Saudi, serta bisa mengetahui estimasi keberangkatan haji.

Untuk mencari informasi melalui aplikasi Haji Pintar, jamaah terlebih dahulu harus mengunduhnya. Aplikasi Haji Pintar dapat diunduh di Play Store dengan nama "Haji Pintar" dengan icon Ka'bah. Siapapun dapat membuka aplikasi ini tanpa harus membuat akun.

Nah, bagi jamaah yang ingin mengetahui perkiraan keberangkatan, jamaah bisa membuka layanan dari aplikasi Haji Pintar ini. Berikut cara cek perkiraan berangkat haji melalui aplikasi Haji Pintar:

1. Jamaah terlebih dahulu membuka aplikasi Haji Pintar. Selanjutnya, akan muncul sejumlah fitur di layar aplikasi. Jamaah kemudian dapat meng'klik' "Informasi jamaah haji".

2. Dengan menggunakan nomor porsi dan nomor passpor, Anda dapat melihat informasi seputar estimasi keberangkatan haji, jadwal keberangkatan kloter, informasi jamaah haji, informasi pembatalan, dan informasi pelunasan. Selanjutnya, untuk mengecek estimasi keberangkatan, pilih "Estimasi Keberangkatan", lalu masukkan nomor porsi haji.

3. Namun, perlu diingat bahwa jadwal yang muncul adalah perkiraan dan dapat berubah-ubah sewaktu-waktu. Setiap musim haji, hendaknya calon jamaah memeriksa kembali estimasi keberangkatan.

 

widget->kurs();?>