Sabtu 18 Jul 2020 05:31 WIB

Amaala di Arab Saudi Tawarkan 144 Jenis Terumbu Karang

Proyek Amaala dirancang untuk meningkatkan pariwisata Arab Saudi.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Amaala di Arab Saudi Tawarkan 144 Jenis Terumbu Karang. Ilustrasi
Foto: Antara
Amaala di Arab Saudi Tawarkan 144 Jenis Terumbu Karang. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Pemerintah Arab Saudi telah merancang proyek pariwisata ultra-mewah Amaala, yang terletak di sepanjang pantai Laut Merah barat laut. Proyek Amaala merupakan salah satu proyek untuk mengubah 50 pulau dan situs lainnya di Laut Merah menjadi resor mewah. Proyek ini dirancang untuk meningkatkan pariwisata Saudi.

Amaala akan menjadi jantung Riviera Timur Tengah yang baru sebagai bagian dari ekosistem Laut Merah yang baru, yang mencakuo Kota NEOM dan Proyek Laut Merah atau disebut the Red Sea. Kota NEOM merupakan megaproyek ambisius yang dicanangkan pemerintah Saudi sejak 2018.

Baca Juga

Warisan unik dan pemandangan alami dari Amaala akan memungkinkan para wisatawan untuk menyelami diri dalam keseimbangan tubuh dan jiwa, seni, budaya, olahraga, dan kebugaran terbaik yang ditawarkan di sana. Seperti yang dibayangkan dalam strategi Visi 2030, Amaala bertujuan mendukung diversifikasi industri pariwisata dan rekreasi Arab Saudi. Di samping, mempromosikan konservasi budaya, keberlanjutan dan pelestarian ekologi.

Dilansir di Saudi Gazette, Jumat (17/7), Amaala terletak di posisi sentral antara Eropa, Afrika, dan Timur Tengah. Amaala disulap menjadi kemewahan dengan level yang belum terjadi sebelumnya. Proyek ini akan menyediakan serangkaian pengalaman gaya hidup, dengan norma-norma sosial yang mengadopsi praktik-praktik unggulan untuk meningkatkan standar layak huni bagi warga dan pengunjung.

 

Wilayah Amaala kaya akan sumber daya alam dan sumber daya laut. Terdapat terumbu karang langka dan berbeda yang mewakili sekitar 6,2 persen terumbu karang di seluruh dunia. Karena itu, proyek Amaala ini mencakup lebih dari 144 jenis terumbu karang, termasuk kolomi karang padat, lunak, dan karang bercabang serta terendam.

Saat ini, Amaala tengah mengerjakan implementasi penelitian dan inisiatif untuk melindungi sumber daya laut. Hal itu bertujuan untuk melestarikan lautan dunia, di mana Amaala dikenal sebagai empat sumbu utama kerja bersama dan eksplorasi yang diwakili dalam mengelola terumbu karang, melindungi spesies langka dan khas, cadangan laut, dan memerangi polusi plastik.

Proyek ini membentang di pantai barat laut Kerajaan Saudi. Sebagai bagian dari Cagar Alam Pangeran Mohammad Bin Salman, Amaala dibentuk sebagai permata tersembunyi di jantung alam yang indah, di tengah pemandangan yang mempesona. Proyek ini membentang di area seluas 4.155 kilometer persegi, yang akan memberikan pengalaman wisata yang unik sepanjang tahun.

Proyek ini menawarkan pengalaman menarik bagi pelancong dan warga, sebab didukung oleh kepedulian yang kuat pada pelestarian lingkungan, konservasi kehidupan laut, dan praktik berkelanjutan. Selain itu, proyek ini mencakup lebih dari 2.500 kamar hotel dan lebih dari 800 vila dan apartemen hunian.

Di samping itu, akan ada 200 toko dan restoran modern, serta pusat hiburan dan rekreasi. Semua fasilitas yang disediakan akan menampilkan kemewahan dan hiburan tingkat tertinggi.

Amala memiliki tiga tujuan wisata, yaitu Triple Bay, Pengembangan Pesisir (the Coastal Development), dan the Island. Tempat-tempat tujuan ini memberikan pengalaman yang berbeda dan unik bagi pengunjung.

Triple Bay dirancang dengan cermat untuk memenuhi kebutuhan lingkungan setempat. Tempat ini akan menjadi tujuan terpadu untuk keseimbangan tubuh dan jiwa, pemulihan dan rekreasi. Di samping itu, destinasi ini juga akan berisi fasilitas medis dan diagnostik modern terbaik dan perawatan otentik. Triple Bay adalah tempat untuk mencari ketenangan dan kesehatan holistik dengan fasilitas berupa resor medis dan kesehatan yang mewah, dan berbagai kegiatan rekreasi.

Sementara itu, Pengembangan Pesisir akan menjadi pusat penting bagi budaya dan seni kontemporer di tingkatan Timur Tengah. Destinasi ini akan menampilkan distrik budaya yang terdiri dari museum seni kontemporer, tempat festival film, tempat pertunjukan seni, dan taman Biennale.

Sedangkan the Island dibedakan oleh lokasinya yang unik, di mana ini akan menjadi tempat yang damai dan menginspirasi bagi komunitas seni. Menjadi salah satu kantong paling eksklusif di dunia, the Island akan menawarkan kebun botani Arab yang dirancang indah yang menampilkan karya seni, patung, dan pemandangan yang menakjubkan. Semua fasilitas indah ini berada di sekitar tempat tinggal pribadi yang dipilih.

https://saudigazette.com.sa/article/595587/SAUDI-ARABIA/144-types-of-coral-reefs-set-to-boost-Amaalas-tourism-profile

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement