Selasa 21 Jul 2020 13:56 WIB

Dorong UMKM, Pemkot Luncurkan Pasarsukabumi.com

Pandemi Covid-19 telah mengajarkan pentingnya kebersamaan dan kolaborasi

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi didampingi Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni melaunching market place www.pasarsukabumi.com dalam membantu pemasaran produk UMKM di masa pandemi di Balai Kota Sukabumi, Selaa (21/7)
Foto: riga nurul iman
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi didampingi Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni melaunching market place www.pasarsukabumi.com dalam membantu pemasaran produk UMKM di masa pandemi di Balai Kota Sukabumi, Selaa (21/7)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Kota Sukabumi terus melakukan berbagai cara untuk membangkitkan bidang usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari dampak pandemi Covid-19. Misalnya dengan membantu promosi produk UMKM melalui teknologi digital market place yakni www.pasarsukabumi.com.

Soft launching market place ini dilakukan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan dihadiri Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni, perwakilan Forkopimda serta Sukabumi Creative Hub (SCH), Sukabumi Kece, dan tim sinergitas ABCGM di Balai Kota Sukabumi, Selasa (21/7). Keberadaan market place ini digagas pendamping UMKM Kota Sukabumi yang tergabung dalam Mata Elang Team.

"Dampak pandemi Covid-19 mengajarkan beberapa hal salah satunya perlu kebersamaan dan kolaborasi dalam menghadapinya,"ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Di mana di tengah pandemi perlu upaya membangkitkan optimisme dengan kebersamaan dan bangkit kembali atau revocery bidang UMKM dikarenakan kondisi saat ini pemerintah menetapkan new normal.

Oleh karenanya kata Fahmi, berbagai aktivitas menyesuaikan dengan new normal termasuk bidang usaha. Maknanya ada perubahan transaksi, distribusi, dan produksi harus berbeda dengan sebelumnya karena harus melibatkan teknologi informasi.

 

'' Jika dulu produksi dan penjualan berbasiskan manual, kini di new era dan new normal membatasi kerumunan sehingga produksi dan distribusi berbasiskan teknologi,'' ujar Fahmi. Dari sini lahir semangat membangkitkan UMKM melalui www.pasarsukabumi.com sebagai wadah tempat memasarkan produk UMKM melalui sistem digital teknologi.

Fahmi mengatakan, pemkot mengucapkan apresiasi kepada pendamping UMKM Jabar Juara yang menginisiasi lahirnya website. Seperti diketahui UMKM dalam beberapa bulan terakhir kesulitan dan saatnya mari bangkit bersama dan berkolaborasi dan bergandeng tangan serta yang terpenting terus bergerak dan berusaha.

'' Pemda berharap dengan www.pasarsukabumi.com semua produk UMKM rumahan jadi naik kelas mencicipi pemasaran digital yang harus dilakukan sekarang,'' cetus Fahmi. Bahkan, produk UMKM tidak hanya diposting di www.pasarsukabumi.com, akan tetapi ada media digital lain karena semakin banyak semakin bagus ada alternatif promosi dan yang diuntungkan UMKM.

Saat ini ungkap Fahmi, dibangun semangat kebersmaan dengan adanya www.pasarsukabumi.com dalam menggairahkan dan membangkitkan UMKM di Sukabumi. Apalagi banyak produk UMKM Sukabumi di ekspor ke berbagai negara dan jadi kebanggaan dan yang berhasil harus mengangkat yang lain. Intinya lanjut Fahmi, dari UMKM Kota Sukabumi terus bergerak.''Dari UMKM sukabumi untuk dunia,'' imbuh dia.

Koordinator Pendamping UMKM Kota Sukabumi yang membentuk kumpulan pendamping UMKM, Mata Elang Team, Sri Puji Rahayu mengatakan, kehadiran www.pasarsukabumi.com salah satu wadah UMKM bisa memasarkan produk. '' Tidak hanya produk UMKM kota tapi kabupaten dan kini sudah sebanyak 147 UMKM yang bergabung,'' kata dia.

Produk tersebut terdiri dari makanan dan minuman 125, kerajinan 3, pertanian 3, jasa dua dan fashion 15. Nantinya setiap hari produk itu akan di upload terus.

'' Kehadiran www.pasarsukabumi.com membantu semangat UMKM khususnya di pandemi bangkit,'' kata Puji. Lahirnya website ini digagas pendamping UMKM dalam memasarkan produk sehingga bisa lebih dikenal bukan di kota saja melainkan di luar dan memudahkan transaksi bagi UMKM.

Produk UMKM juga disebar melalui media instagram dab facebook. Hasimya dalam dua minggu ini sudah ada transaksi. Plt Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, dan Perindustrian Kota Sukabumi Didin Syarifudin menambahkan, belanja di pasarsukabumi.com menghidupkan UMKM di Kota Sukabumi. Terlebih di suasana pandemi dengan belanja secara online menghindari bertemu dengan penjual secara langsung.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement