Selasa 21 Jul 2020 19:23 WIB

Beda Karakter Mencolok Antara Khalifah Umar dan Utsman

Umar bin Khattab dan Utsman bin Affan mempunyai karakter berbeda.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Umar bin Khattab dan Utsman bin Affan mempunyai karakter berbeda. Tiga sahabat Rasulullah SAW dari luar Arab (ilustrasi)
Foto: republika
Umar bin Khattab dan Utsman bin Affan mempunyai karakter berbeda. Tiga sahabat Rasulullah SAW dari luar Arab (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Terdapat perbedaan karakter di antara sahabat Rasulullah SAW, Utsman bin Affan dan Umar bin Khattab RA.  

Umar bin Khattab mempunyai karakter yang keras, sementara Utsman merupakan orang yang terkenal santun dan lembut. 

Baca Juga

Dikutip dari buku Inilah Faktanya karya Utsman bin Muhammad al-Khamis, tetapi ternyata Utsman bukan orang yang lemah sebagaimana disangka banyak orang. Dia adalah seorang yang santun.

Oleh karena itu, ketika para pemberontak mengepungnya di kediamannya, dia berkata, "Apakah kalian tahu apa yang membuat kalian seberani ini kepadaku? Tidak ada yang membuat kalian seberani ini kecuali kesantunanku." 

Abdullah bin Umar berkata, "Demi Allah, mereka berani mengingkari kebijakan Utsman bin Affan, padahal seandainya kebijakan yang sama diambil Umar bin Khattab, niscaya tidak ada seorang pun dari mereka yang berani berbicara". 

Terdapat sebagian orang yang menentang Utsman bin Affan RA. Hal ini karena dia bersedia memaklumi, menoleransi, melupakan kesalahan-kesalahan, dan memaafkan mereka. 

Adapun fitnah mulai muncul pada 34 Hijriyah ketika beberapa orang bodoh berusaha memberontak kepada Utsman. Dia kemudian menangkap mereka dan mencela perbuatan mereka, kemudian melepaskan mereka. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement