Rabu 22 Jul 2020 12:05 WIB

DD Waspada-Tokopedia Gelar Mobile Rapid Test Gratis

Mobile Rapid Test ini digelar serentak di 17 provinsi.

Menekan penyebaran covid 19 di masyarakat, Dompet Dhuafa Waspada bersinergi bersama  Tokopedia dan Rumah Sakit Umum (RSU) Sufina Aziz menggelar Mobile Rapid Test Gratis untuk masyarakat kota Medan. Kegiatan ini berlangsung di RSU Sufina Aziz yang bertempat di jalan Karya Baru, Kec. Medan Helvetia, Medan. Selasa (21/7).
Foto: istimewa
Menekan penyebaran covid 19 di masyarakat, Dompet Dhuafa Waspada bersinergi bersama Tokopedia dan Rumah Sakit Umum (RSU) Sufina Aziz menggelar Mobile Rapid Test Gratis untuk masyarakat kota Medan. Kegiatan ini berlangsung di RSU Sufina Aziz yang bertempat di jalan Karya Baru, Kec. Medan Helvetia, Medan. Selasa (21/7).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN-–Menekan penyebaran covid 19 di masyarakat, Dompet Dhuafa Waspada bersinergi bersama  Tokopedia dan Rumah Sakit Umum (RSU) Sufina Aziz menggelar Mobile Rapid Test Gratis untuk masyarakat kota Medan. Kegiatan ini berlangsung di RSU Sufina Aziz yang bertempat di jalan Karya Baru, Kec. Medan Helvetia, Medan. Selasa (21/7).

Sulaiman selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada menerangkan bahwa “Mobile Rapid Test ini digelar serentak di 17 provinsi. Mobile Rapid Test ini serentak digelar dari tanggal 21-23 Juli 2020. 17 provinsi itu diutamakan yakni provinsi yang termasuk zona merah dan kita di Sumatera Utara salah satunya. Bahwa Rapid Test ini memang sengaja dilakukan dengan tujuan sebagai deteksi awal bagi kelompok rentan dan masyarakat marginal”.

Dompet Dhuafa bekerjasama dengan Tokopedia, menyelenggarakan test covid mobile di seluruh Indonesia dari Aceh hingga papua, terutama di 17 Provinsi terpilih dengan zona merah. Test yang akan dilakukan yaitu rapid test antibody untuk kelompok rentan dan masyarakat dhuafa yang belum terjangkau akses pemeriksaan berdasarkan skala prioritas, dengan berkoordinasi berbagai pihak terkait seperti pemerintah, dinas Kesehatan.

“Kami menyambut baik dan turut serta dalam kegiatan Mobile Rapid Test untuk masyarakat kota Medan ini. Sebagaimana kita ketahui kota Medan termasuk zona Merah tingkat nasional dengan jumlah pasien Covid-19 meningkat setiap hari. Ini menjadi salah satu upaya kita dalam men-tracing Covid-19.Kita berharap Rapid Test ini dapat men-tracing Covid-19 sebab tracing sangatlah penting untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat luas serta dapat turut membantu pemerintah dan gugus tugas Medan untuk memutus penyebaran Covid-19 dan percepatan penanganan Covid 19.”ucap dr. T. Liza Syahnas, M.K.M selaku Direktur RSU Sufina Aziz.

Selain test Covid-19 Mobile, rangkaian kegiatan akan diawali dengan edukasi terkait Covid-19, upaya pencegahan dan pemutusan mata rantai penularan kepada kelompok masyarakat sasaran, sehingga masyarakat dapat memahami, menyadari dan melaksanakan upaya pencegahan individu, keluarga maupun komunitas yang ada di wilayah tersebut. Kelompok Kawasan cekal Corona Dompet Dhuafa dapat meningkatkan partisipasi aktif dalam Kawasan binaan LKC Dompet Dhuafa serta hasil skrining dapat menjadi pertimbangan pemeriksaan diagnosis dan upaya tindak lanjut lainnya oleh pihak yang berwenang.

“Terima kasih banyak kepada penyelenggara kegiatan baik Dompet Dhuafa dan Tokopedia serta tenaga medis RSU Sufina Aziz. Saya merasa terbantu dengan ada kegiatan ini karena Rapid Test sebagai salah satu persyaratan untuk masuk pondok pesantren. Selain saya bisa terbantu bisa melakukan Rapid Test gratis, saya juga senang sekali mendapat edukasi terkait bagaimana penanganan Covid-19.” ucap Ucok selaku penerima manfaat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement