Kamis 23 Jul 2020 20:20 WIB

Pandemi Bikin Lulusan Baru Susah Nyari Kerja

Setelah wisuda, lulusan kembali dihadapkan persoalan lain, sepinya lowongan kerja.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agus Yulianto
Universitas Andalas
Universitas Andalas

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Situasi pandemi virus corona membuat sulit para lulusan universitas yang telah menamatkan perkuliahan. Sebelumnya, para lulusan universitas juga tidak dapat menikmati euforia wisuda karena aktivitas kampus dirumahkan sejak PSBB. Sehingga banyak lulusan mahasiswa harus melewati momen puncak studi dengan wisuda virtual.

Setelah wisuda, lulusan kembali dihadapkan dengan persoalan lain. Yakni sepinya lowongan kerja untuk mereka mengaplikasikan ilmu dan mewujudkan cita-cita serta mencari penghasilan.

Akhyar Fauzan, lulusan Fakultas Hukum Universitas Andalas misalnya. Dia sampai sekarang belum melamar pekerjaan karena belum menemukan lowongan kerja sesuai keinginnannya.

"Belum ada coba melamar kerja. Lowongan kerja belum ada, dan kalaupun ada tidak sesuai dengan jurusan saya," kata Akhyar kepada Republika, Kamis (23/7).

Akhyar merupakan Sarjana Hukum Unand dengan spesivikasi ilmu Hukum Perdata Bisnis. Ia berharap, suatu saat bekerja di perusahaan atau lembaga negara yang cocok dengan ilmunya yakni di bidang legal bisnis.

Akhyar memaklumi situasi loker sepi karena banyak perusahaan terdampak oleh pandemo covid-19. Ia berdoa supaya pandemi segera berakhir dan ia dan teman-teman wisudawan baru segera mendapatkan pekerjaan.

Akhyar khawatir terlalu lama tidak mendapatkan pekerjaan. Karena, dia ingin segera hidup mandiri dan membantu orang tua. "Doakan kami, supaya corona segera berakhir dan kami cepat dapat kerja," ucap lulusan asal Suliki, Kabupaten Lima Puluh Kota tersebut.

Faula Ismi, lulusan Bahasa Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang juga merupakan lulusan di era pandemi. Faula sudah diwisuda bulan lalu secara virtual. 

Faula menyebut, dia sudah mencoba meng-aply beberapa lamaran kerja. Sampai sekarang lamaran kerja yang dikirimkan Faula masih dalam proses di salah satu perusahaan perbankan di Kota Padang.

"Faula maklum situasi sedang covid. Dan kami juga belum mendapat ijazah. Jadi belum dapat maksimal melamar pekerjaan," kata Faula.

Sama dengan Akhyar, Faula juga berharap pandemi segera berakhir sehingga lebih banyak loker untuk menampung para lulusan baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement