Kamis 23 Jul 2020 22:50 WIB

Waketum: PAN adalah Amien Rais

Waketum menegaskan Amien Rais adalah personifikasi dari PAN.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bayu Hermawan
Viva Yoga Mauladi.
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Viva Yoga Mauladi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi membantah partainya mengeluarkan Amien Rais. Menurutnya, tak pernah ada keputusan perihal tersebut di DPP PAN.

"Tidak ada sikap dan pemikiran ketua umum PAN, Zulkifli Hasan untuk mengeluarkan Pak Amien Rais dari PAN," ujar Viva saat dihubungi, Kamis (23/7).

Baca Juga

Amien disebutnya sebagai pendiri utama PAN yang lahir dari rahim reformasi. Personifikasi mantan Ketua MPR itu juga selalu diidentikan dengan partai berlambang matahari itu. "Salah satu pendiri PAN. Pernah menjadi ketua umum PAN dan menjadi personifikasi bahwa PAN itu Amien Rais, Amien Rais itu PAN," katanya.

Viva juga menegaskan, kunjungan silaturahim PAN ke Presiden Joko Widodo bukan dalam rangka mengemis kursi kabinet. Tetapi, lebih fokus dalam pembahasan penanganan pandemi Covid-19.

"Terutama ancaman krisis ekonomi akibat pandemi Covid 19. Untuk itulah PAN berdialog dengan kepala pemerintahan, yaitu Presiden Jokowi," ujar juru bicara PAN itu.

Diketahui, Mantan Ketua MPR Amien Rais mengaku telah dikeluarkan dari Partai Amanat Nasional (PAN). Hal tersebut diungkapkannya dalam video Youtube milik KH Tengku Zulkarnain. "Saya sudah tidak di PAN sama sekali. Saya sudah dikeluarkan oleh anak buah saya karena berbeda prinsip," ujar Amien.

Perbedaan prinsip, kata Amien, menjadi alasan utama kenapa ia dikeluarkan dari partai yang didirikannya itu. Pasalnya, DPP PAN periode 2020-2025 disebutnya ingin bergabung dengan kabinet Presiden Joko Widodo.

"Kalau anda tetap ingin dukung rezim ini, jelas sesuatu langkah yang keliru bin salah. Jadi itu tidak ada rasionya, tidak ada rasionalisasinya," ujar Amien.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement