4 Rabiul Awwal 1442

Alasan Raudhah di Masjid Nabawi Selalu Dipenuhi Jamaah

Jumat , 24 Jul 2020, 01:23 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Alasan Raudhah di Masjid Nabawi Selalu Dipenuhi Jamaah. Foto: Sholat tarawih di Raudhah, Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Kamis (24/4). Tarawih di Masjid Nabawi digelar terbatas hanya untuk pegawai dan pekerjanya.
Alasan Raudhah di Masjid Nabawi Selalu Dipenuhi Jamaah. Foto: Sholat tarawih di Raudhah, Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Kamis (24/4). Tarawih di Masjid Nabawi digelar terbatas hanya untuk pegawai dan pekerjanya.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Raudhah menjadi tempat yang selalu dipenuhi jamaah ketika melaksanakan ibadah umroh dan haji. Setiap jamaah yang mengunjungi kota Madinah pasti berebut ingin sholat dan berdoa di Masjid Nabawi terutama di Raudhah.

 

Apa itu Raudhah dan apa keutamaannya? Ustaz Hasbullah Lc, MA dalam bukunya "Tanya Jawab Umrah" menjelaskan apa itu Raudhah dan keutamaannya. "Yang dimaksud dengan raudhah adalah ruangan di antara mimbar dan kamar Rasulullah SAW," katanya.

Sementara keutamaan tempat ini adalah sebagai taman-taman surga yang berdoa pasti dikabulkan. Sebagaimana diterangkan dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda. "Di antara rumah dan mimbarku adalah taman dari taman-taman surga, dan mimbarku di atas telagaku." (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Ustaz Hasbullah mengatakan, bahwa Ibnu Najjar ketika menerangkan hadis ini mengatakan, bahwa di antara mimbar dan rumahnya Rasulullah seperti taman dari taman-taman surga. Pendapat lain mengatakan bahwa yang dimaksud adalah taman yang sesungguhnya, bahwa tempat tersebut kelak akan berpindah ke akhirat. 

Tetapi kata dia, ada juga yang berpendapat bahwa rahmat dan anugerah kebahagian yang turun ke tempat tersebut seperti yang turun ke taman surga. "Disebabkan karena dzikir kepada Allah SWT yang dilakukan terus menerus," katanya.

Arab Saudi memiliki dua kota suci yakni kota Makkah dan Madinah. Makkah memiliki Masjid Al-Haram dan Madinah ada Masjid Nabawi merupakan dua wilayah yang memiliki keutamaan tertinggi di banding tempat mana pun di dunia.

Hal itu seperti disampaikan Rasulullah SAW, "Janganlah kalian melakukan bepergian kecuali ke tiga masjid; Masjid Al-Haram, Masjidku ini, dan Masjid Al-Aqsha." (HR. Bukhari-Muslim).

Keharaman Makkah ditegaskan oleh Nabi Ibrahin AS dan keharaman Madinah ditegaskan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana sabdanya. "Sungguh Ibrahim telah mengharamkan Makkah, dan aku mengharamkan Madinah, di antara tepinya, janganlah ditebang kayu berdurinya dan diburu binatang buruannya." (HR. Muslim).

 

widget->kurs();?>