Jumat 24 Jul 2020 05:16 WIB

Tim Mobil Listrik UGM Raih Penghargaan di India

Mobil listrik buatan UGM raih penghargaan.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Hafil
Mobil listrik balap Formula Tim Arjuna Universitas Gadjah Mada (UGM) di Balairung UGM, Kamis (15/8).
Foto: DOK UGM
Mobil listrik balap Formula Tim Arjuna Universitas Gadjah Mada (UGM) di Balairung UGM, Kamis (15/8).

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Tim Arjuna UGM meraih empat penghargaan kompetisi internasional 4th Annual Formula Student Electric Vehicle (FSEV) Concept Challenge 2020. Digelar secara daring pada 26 Juni-22 Juli 2020 oleh Formula Bharat India.

Kompetisi diikuti 37 tim dari India, Indonesia dan AS. Tim UGM sukses sabet 2nd Place Overall Event, 2nd Place Best Team Management Strategy, Notable Mention for EV Design Overall Choice, dan Notable Mention Kaizen Guru.

Baca Juga

"Ini merupakan kali pertama Tim Arjuna UGM mengikuti kompetisi FSEV Concept Challenge dan berhasil memboyong berbagai prestasi membanggakan," kata Ketua Tim Lomba Mobil Arjuna, Christopher Tangguh Bayu, Kamis (23/7) sore.

Ia menjelaskan, ada enam kategori mulai FMEA Report, Procurement Strategy Report, Team Management Report, DSS Report, Presentation Delivery, dan Q&A Session. Tim Arjuna sebagai 2nd Place Best Overall Event miliki sekor 315,2.

"Hasil ini tidak lepas dari kerja keras dan dedikasi tim untuk berkomitmen melakukan pengembangan dan inovasi riset mobil listrik," ujar Christopher.

Kompetisi FSEV Concept Challenge 2020 merupakan kompetisi yang diorganisir Curiosum Tech Private Limited di bawah nama Formula Bharat India. Tujuannya, mendorong agar beralih kepada pengembangan riset teknologi mobil listrik.

Kompetisi tahun ini merupakan yang keempat kalinya, dan harus dilaksanakan daring akibat Covid-19. Christoper menekankan, pandemi ini tidak menghambat semangat Tim Arjuna UGM berinovasi dan mengembangkan riset mobil listrik.

Yang mana, sudah dilakukan Tim Arjuna UGM sejak 2012. Semula, Tim Arjuna UGM menjadi tim mobil listrik yang tiap tahun aktif ikut kompetisi internasional Formula Society Automotive Engineer (FSAE) di Shizouka Prefecture Jepang.

Namun, karena pandemi Covid-19 berujung kepada pembatalan pelaksanaan lomba tersebut. Visi kami menjadi salah satu tim Formula Student terbaik di Asia, sehingga terus berinovasi dan buktikan hasil riset mobil listrik tiap lomba.

"Berkat hasil positif dari lomba ini, membuat kami semakin memantapkan diri untuk mempersiapkan perlombaan utama kami di FSAE Japan 2021," kata Ketua Tim Arjuna UGM generasi kedepan, Farhan Iqbal, menambahkan.

Farhan menegaskan, ke depan tim berkomitmen untuk terus melakukan evaluasi dan perbaikan pengembangan mobil listrik. Jadi, Tim Arjuna UGM diharapkan dapat semakin membanggakan nama Indonesia dalam kancah internasional.

"Selain itu, juga sebagai ajang pembuktian generasi muda Indonesia telah siap dalam menghadapi teknologi mobil listrik yang ramah lingkungan," ujar Farhan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement