Sabtu 25 Jul 2020 11:55 WIB

Kisah Ekspatriat Georgia Bahagia Terpilih Berhaji Tahun Ini

Ekspatriat Georgia di Arab Saudi ini akan berhaji bersama sang istri.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Kisah Ekspatriat Georgia Bahagia Terpilih Berhaji Tahun Ini. Suasana Masjidil Haram di tengah pandemi virus corona.
Foto: saudigazette
Kisah Ekspatriat Georgia Bahagia Terpilih Berhaji Tahun Ini. Suasana Masjidil Haram di tengah pandemi virus corona.

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Seorang pria asal Georgia yang tinggal di Arab Saudi mengaku gembira sekaligus terkejut karena terpilih melakukan haji tahun ini. Dilansir di Arab News, Sabtu (25/7), Ruslan Margoshvili pindah ke Arab Saudi 17 tahun yang lalu untuk belajar bahasa Arab.

Dia dan istrinya Milana merupakan jamaah haji terpilih di antara ekspatriat yang akan melakukan haji tahun ini ditengah wabah Covid-19. Dampaknya Saudi melakukan pembatasan ketat pada jumlah jamaah haji dan hanya jamaah dengan izin yang dapat memasuki situs suci.

Baca Juga

"Saya tidak berharap akan ada haji tahun ini, dengan keadaan yang sedang berlangsung di seluruh dunia. Kami mendengar tentang situs tempat kami dapat mendaftar haji,"ujar Margoshvili mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diterimanya sejak mereka mendaftar.

Dia tidak bisa menggambarkan kerja sama mereka. Setiap hari Margoshvili dan istrinya dihubungi oleh operator yang membantu membimbing dan menginformasikan jamaah haji tentang perjalanan yang akan datang. 

 

photo
Kuota jamaah haji 1441H/2020M dibatasi hanya berkisar 10.000. - (pusat data republika)

"Seseorang yang telah melakukan haji dibersihkan dari segala dosa mereka. Bayangkan bagaimana rasanya bagi seorang Muslim yang akan memulai haji,” ujar dia. 

Dia menyelesaikan gelar doktor di Universitas King Saud sementara Milana sedang menyelesaikan gelar di Universitas Princess Nourah Bint Abdul Rahman. Pasangan ini membesarkan dua anak mereka di Arab Saudi, tempat mereka dilahirkan.

Margoshvili mengatakan dia tidak pernah merasa menjadi orang asing ketika berada di Arab Saudi. "Bahkan selama liburan ketika saya akan melakukan perjalanan pulang, saya merindukan negara ini," ujarnya.

Pengguna media sosial bereaksi dengan hangat atas kata-kata tulusnya. Inssan Karim dalam cicitannya mengatakan ini adalah Arab Saudi, "Setiap orang tidak akan pernah merasa seperti orang asing di sini."

Abdulmajeed Al-Otaibi berkata jamaah ini memiliki kata-kata yang sangat indah. "Aku sudah menjadi salah satu dari kalian dan aku benar-benar merasakan ketulusannya. Semoga Allah menerima amal baik Anda. Dia punya cara yang indah dengan kata-kata dan kefasihan seperti itu. Selamat untuknya!" kata Abdullah Al-Amoudi.

Mayoritas mereka yang melakukan haji tahun ini adalah ekspatriat yang tinggal di Arab Saudi. Margoshvili mengatakan sebelumnya ia telah berhaji, namun istrinya belum pernah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement