Kiswah Ka'bah akan Diganti Kamis Pekan Depan

Sabtu , 25 Jul 2020, 12:27 WIB Reporter :rizkyan adiyudha/ Redaktur : Ani Nursalikah
Kiswah Ka'bah akan Diganti Kamis Pekan Depan
Kiswah Ka'bah akan Diganti Kamis Pekan Depan

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Pemerintah Arab Saudi akan mengganti kiswah, kain hitam dengan bordir emas yang menyelimuti Ka'bah. Hal tersebut dilakukan setahun sekali atau pada 9 Dzulhijjah setiap tahun yang jatuh pada Kamis nanti waktu setempat.

 

Terkait

Seperti dilansir Saudi Gazette, Sabtu (25/7), Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci menjelaskan para penjaga pintu Ka'bah akan mengerjakan tugas tersebut setiap tahun. Mereka akan mengganti kain hitam sutra yang menutupi struktur suci umat Muslim tersebut.

Baca Juga

Dia mengatakan, sebanyak 160 pengrajin dan teknisi akan mengambil bagian dalam penghiasan ulang kain penutup baru tersebut. Proses ini terjadi setiap tahun pada hari kedua haji.

Dia mengungkapkan, pada hari itu umat Islam sedang menuju Gunung Arafah untuk melakukan ritual terpenting selama ziarah mereka. Disaat yang bersamaan, kiswah Ka'bah telah diganti yang baru.

Kiswah terdiri dari 670 Kg sutra murni berwarna hitam. Kain tersebut memiliki bobot 120 Kg benang emas dan 100 Kg perak. Penutup dibuat dari 47 lembaran kain yang digabung untuk menutupi semua sudut Ka'bah.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini