Ini Jadwal Penggantian Kiswah Ka'bah

Ahad , 26 Jul 2020, 15:15 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Ini Jadwal Penggantian Kiswah Ka'bah. Foto: Proses pengangkatan bagian bawah kain Kiswah pada Ka
Ini Jadwal Penggantian Kiswah Ka'bah. Foto: Proses pengangkatan bagian bawah kain Kiswah pada Ka

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Bangunan suci Ka'bah akan dihiasi dengan sampul baru atau "Kiswah" Kamis depan (30/7). Prosesi tahunan ini dilakukan sehari sebelum Muslim merayakan Idul Adha.

 

Terkait

Setiap tahunnya, para penjaga pintu Kabah membawa tugas yang penuh kepekaan dan ketelitian. Mereka harus mengganti kain hitam sutra yang disulam dengan emas guna menutupi struktur suci Ka'bah.

Baca Juga

Dilansir di Gulf News, 160 pengrajin dan teknisi akan mengambil bagian dalam penghias ulang penutup baru Ka'bah yang akan berlangsung Kamis (30/7) nanti.

Proses ini terjadi setiap tahun, tepatnya pada tanggal 9 Dzulhijjah, yang menandai hari kedua haji.

Pada hari itu, umat Islam yang melaksanakan ibadah haji akan pergi ke Gunung Arafat, melaksanakan ritual paling penting selama ziarah. Ka'bah pada waktu yang sama, juga mengganti sampulnya yang lama dengan yang baru.

Bagian bawah dari kain Kiswah yang melapisi Ka'bah sempat diangkat setinggi satu meter, Rabu (22/7) lalu. Hal ini dilakukan sebagai salah satu persiapan menyambut musim haji tahun ini.

Pengangkatan bagian bawah kiswah itu dihadiri oleh Presiden Umum untuk Masjid Suci dan Masjid Nabawi Dr Abdul Rahman Al Sudais beserta 50 orang lainnya.

Kiswah terbuat dari sekitar 670 kilogram sutra mentah yang diwarnai hitam, 120 kilogram benang emas dan 100 kilogram benang perak. Ayat-ayat Alquran dijahit ke kain hitam tersebut dengan benang berlapis emas. 

Sumber:

https://gulfnews.com/amp/world/gulf/saudi/kaabas-kiswa-to-be-replaced-next-thursday-1.72779933

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini