Ahad 26 Jul 2020 12:46 WIB

Pariwisata Uganda Dibuka Kembali Setelah 4 Bulan Lockdown

260 wisatawan mengunjungi taman Katunguru di TN Ratu Elizabeth di distrik Kasese.

Pariwisata Uganda Dibuka Kembali Setelah 4 Bulan Lockdown (ilustrasi)
Pariwisata Uganda Dibuka Kembali Setelah 4 Bulan Lockdown (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,KAMPALA -- Situs pariwisata di Uganda kini telah dibuka kembali untuk mulai menerima pengunjung. Hal ini dikatakan Kol (Rtd) Tom Butime, menteri Pariwisata, Margasatwa, dan Purbakala.

Meskipun dengan perbatasan negara yang masih tertutup, wisatawan domestik dan asing yang sudah berada di negara tersebut diharapkan untuk mengunjungi situs-situs ini. Sektor pariwisata terhenti pada bulan Maret setelah Presiden Yoweri Museveni mengumumkan penutupan semua perbatasan, bersama dengan bandara Entebbe, diikuti dengan penangguhan transportasi pribadi dan umum, tempat usaha dan segala bentuk pertemuan publik.

Dilansir dari The Observer Sabtu (25/7), langkah-langkah itu berarti bahwa semua lokasi wisata harus ditutup untuk umum. Namun mulai Juni, Otoritas Margasatwa Uganda (UWA) membuka kembali taman-taman nasional untuk para wisatawan ketika pemerintah mulai mengurangi lock down. Butime mengatakan seluruh sektor telah dibuka dengan syarat mereka mengikuti prosedur operasi standar (SOP) dan pedoman pencegahan Covid-19 yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan.

Ini termasuk pengecekan suhu diwajibkan di semua pintu masuk area yang dilindungi, serta cuci tangan dan sanitasi juga wajib. Menteri membuat pernyataan selama pertemuan dengan Kepala Misi Uni Eropa (UE) yang memulai kunjungan mereka di taman nasional Ratu Elizabeth pada hari Kamis.

Pada hari Rabu saja, 260 wisatawan mengunjungi taman Katunguru yang terletak di dalam batas taman nasional Ratu Elizabeth di distrik Kasese. Menurut Butime, mereka telah memesan dan membayar tiket mereka sebelum di-lock down karena wabah penyakit coronavirus.

"Dan sekarang para turis sudah mulai datang karena kemarin di taman Katungulu kami memiliki 260 wisatawan yang melapor dan datang ke daerah ini. Jadi yang berarti pariwisata sekarang mulai, pengunjung sudah mulai datang, para wisatawan bersemangat dan kami mulai," kata Butime . 

Air terjun Sipi di Kapchorwa adalah salah satu objek wisata di Uganda. Pariwisata adalah salah satu penghasil devisa utama Uganda dengan penerimaan tahunan sebesar $ 1,6 miliar yang dibawa oleh 1,8 juta wisatawan menurut Badan Pariwisata Uganda (UTB). Dari 1,8 juta turis, 1,3 juta adalah orang asing, sementara 500.000 adalah wisatawan lokal.

Dalam kunjungan tersebut, para duta besar Uni Eropa menilai dampak Covid-19 pada sektor pariwisata negara itu. UE baru-baru ini memberi Uganda € 6 juta (sekitar 25,2 miliar Shs) untuk mendukung sektor pariwisata swasta. Paket ini akan disalurkan melalui Uganda Development Bank (UDB), di mana para pelaku dapat mengaksesnya dengan tingkat diskon 8 persen.

Delegasi Kepala Uni Eropa (UE) ke Uganda, Duta Besar Attilio Pacifici mengatakan bahwa mereka sangat ingin terus mendukung sektor yang sangat penting bagi perekonomian Uganda.

Beberapa kegiatan utama dari retret UE termasuk pembukaan taman nasional Ranger's Post Queen Elizabeth. Pos tersebut dibangun oleh Uni Eropa dengan biaya $ 1,3 juta, untuk mengakomodasi penjaga yang melindungi satwa liar di taman dari pemburu liar di dekat lokasi wisata dan orang-orang dari Republik Demokratik Kongo (DRC).

Kepala Misi UE juga akan mengunjungi Mweya Safari Lodge di mana mereka akan berinteraksi dengan pengusaha berbeda yang telah berinvestasi di sektor pariwisata dan mengunjungi Kanal Kazinga, hotel Mountain of the Moon di Fort Portal dan lainnya selama kunjungan tiga hari. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement