Ahad 26 Jul 2020 18:31 WIB

Antusias Pequrban Meningkat di Masjid Jogokariyan

Antusias Pequrban Meningkat di Masjid Jogokariyan.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Antusias Pequrban Meningkat di Masjid Jogokariyan. Foto: Hewan Kurban (Ilustrasi)
Foto: Republika TV/Muhamad Rifani Wibisono
Antusias Pequrban Meningkat di Masjid Jogokariyan. Foto: Hewan Kurban (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Meski pandemi virus corona jenis baru (Covid-19) melanda dan mempengaruhi pendapatan ekonomi masyarakat, namun nyatanya hal itu tidak menuyurutkan minat umat untuk berqurban. Terbukti, pada Idul Adha tahun ini antusiasme pequrban meningkat di Masjid Jogokariyan.

Ketua Dewan Syuro Takmir Masjid Jogokariyan, Ustaz Jazir ASP, mengatakan, pandemi tak membuat minat umat terhadap qurban menyusut. Di wilayahnya, sejumlah hewan qurban yang dikumpulkan Panitia Qurban Masjid Jogokariyan mengakumulasikan pencapaian qurban yang meningkat dibandingkan tahun lalu.

Baca Juga

“Capaian qurban kami (Masjid Jogokariyan) tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu, alhamdulillah antusiasme umat sangat tinggi (terhadap qurban),” kata Ustaz Jazir saat dihubungi Republika, Ahad (26/7).

Berdasarkan catatannya, tahun lalu jumlah daging qurban yang berhasil dihimpun Masjid Jogokariyan berjumlah 4.900 pax dengan rincian seberat 8 ons per pax. Dari jumlah itu, sebanyak 3.600 pax disalurkan kepada masyarakat di sekitar Masjid Jogokariyan, sedangkan sisanya disalurkan kepada masyarakat di luar wilayah yang ada.

Dari total 4.900 pax paket qurban yang disalurkan, masih tersisa 700 kilogram (kg) daging yang kemudian dikelola oleh pihak masjid sebagai daging olahan kemasan. “Kami olah menjadi abon dan kami bagikan kepada masyarakat-masyarakat yang membutuhkan,” kata dia.

Tahun ini dengan capaian yang lebih meningkat dibandingkan tahun lalu, Ustaz Jazir menargetkan akan memberikan 1 kg daging per pax per jiwa. Tahun ini perolehan sapi qurban Masjid Jogokariyan berjumlah 38 ekor.

Dengan perinciannya terdiri dari dua ekor sapi super duper yang beratnya di atas 1 ton, tiga ekor sapi super dengan berat 600 kg, hingga sapi reguler dengan berat 450 kg berjumlah 34 ekor. Sedangkan perolehan qurban kambing telah mencapai 57 ekor.

“Kami proyeksikan menjelang hari H itu perolehan kambing qurban bisa lebih dari 57 ekor. Sebab penyerahan kambing qurban itu biasanya diserahkan di hari H,” pungkasnya.

Di masa pandemi Covid-19 ini, Ustaz Jazir bersyukur atas tingginya antusiasme umat dalam berqurban. Sehingga perolehan qurban Masjid Jogokariyan tahun ini akan dimaksimalkan untuk disalurkan kepada masyarakat guna memenuhi kebutuhan gizi dan protein yang bersumber dari hewani.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement