Senin 27 Jul 2020 13:50 WIB

Palestina Puji Keputusan Turki Ubah Hagia Sophia Jadi Masjid

Presiden Turki dan Palestina membahas hubungan bilateral dan isu regional lewat telepon pada Minggu - Anadolu Agency

Palestina puji keputusan Turki ubah Hagia Sophia jadi masjid.
Palestina puji keputusan Turki ubah Hagia Sophia jadi masjid.

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL - Presiden Turki dan Palestina membahas hubungan bilateral dan isu regional pada Ahad. Menurut Direktorat Komunikasi Turki, ketika berdiskusi lewat telepon dengan Recep Tayyip Erdogan, Mahmoud Abbas juga memuji keputusan Turki untuk mengubah Hagia Sophia menjadi masjid.

Hagia Sophia adalah salah satu tujuan wisata utama di Turki baik untuk wisatawan domestik maupun mancanegara. Pada 1985, ketika masih berfungsi sebagai museum, Hagia Sophia masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Baca Juga

Bangunan ini berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun sampai penaklukan Istanbul, dan berubah menjadi masjid dari tahun 1453 hingga 1934 - hampir setengah abad. Pada 10 Juli, pengadilan Turki membatalkan dekrit Kabinet 1934 yang mengubah Hagia Sophia menjadi museum, membuka jalan untuk digunakan kembali sebagai masjid setelah jeda 86 tahun.

Kemudian, pada 16 Juli, Direktorat Urusan Agama Turki menandatangani protokol kerja sama dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata untuk mengelola Hagia Sophia setelah dikonversi menjadi masjid. Di bawah protokol itu, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata akan mengawasi proyek restorasi dan konservasi, sementara Direktorat Urusan Agama akan mengawasi kegiatan keagamaan di masjid tersebut.

Bangunan megah warisan berbagai peradaban itu juga akan dibuka untuk wisatawan domestik dan mancanegara secara gratis.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/palestina-puji-keputusan-turki-ubah-hagia-sophia-jadi-masjid-/1923386
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement