Senin 27 Jul 2020 16:22 WIB

Sebanyak 902 Hewan Kurban Tak Lolos Pemeriksaan

Hewan kurban yang dinyatakan tidak lolos tidak boleh dijual.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Hiru Muhammad
Petugas Disnakan Kabupaten Ciamis melakukan pemeriksaan antemortem kepada hewan kurban yang dijual pedagang, Senin (27/7
Foto: istimewa
Petugas Disnakan Kabupaten Ciamis melakukan pemeriksaan antemortem kepada hewan kurban yang dijual pedagang, Senin (27/7

REPUBLIKA.CO.ID,CIAMIS--Dinas Perternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Ciamis terus melakukan pemeriksaan antemortem hewan kurban yang dijual menjelang perayaan Iduladha 1441 H. Berdasarkan catatan Disnakan, sejak 15 Juli hingga pekan lalu, sekira 2.610 hewan kurban berupa sapi, kambing, dan domba, telah diperiksa antemortem.

Kepala Disnakan Kabupaten Ciamis, Syarif Hidayat mengatakan, pemeriksaan antemortem adalah hal yang rutin dilakukan menjelang Idul Adha setiap tahunnya. Pemeriksaan itu dilakukan untuk memastikan kelayakan kondisi hewan kurban sebelum dikurbankan. "Pertama kita periksa usia sapi. Ada beberapa yang lolos kita stempel. Yang tak lolos kita tak stempel," kata dia, Senin (27/7).

Menurut dia, dari 2.610 hewan kurban yang diperiksa, yang lolos hanya 1.708 ekor. Sementara 902 ekor lainnya dinyatakan tidak lolos dan tidak diberikan stempel."Yang tidak lolos itu tak cukup umur, betita yang masih produktif," kata dia.

Syarif mengatakan, hewan kurban yang dinyatakan tidak lolos itu tidak boleh dijual. Ia juga mengingatkan, masyarakat yang hendak membeli hewan kurban untuk memeriksanya terlebih dahulu. 

Ia menambahkan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan antemortem hewan kurban hingga H-1 Idul Adha. "Kalau pemeriksaan postmortem dari hari H hingga H+3," kata dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement