Selasa 28 Jul 2020 13:59 WIB

3.200 Jamaah Daftar Sholat Idul Adha di Masjid Al-Akbar

Kapasitas lima ribu jamaah termasuk jamaah lantai dua Masjid Al-Akbar Surabaya

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Fakhruddin
3.200 Jamaah Daftar Sholat Idul Adha di Masjid Al-Akbar. Foto: suasana pelaksanaan Sholat Jumat di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Jumat (5/6).
Foto: Republika/Dadang Kurnia
3.200 Jamaah Daftar Sholat Idul Adha di Masjid Al-Akbar. Foto: suasana pelaksanaan Sholat Jumat di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Jumat (5/6).

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Humas Masjid Al-Akbar Surabaya, Helmy M. Noor mengatakan, pihaknya melakukan pembatasan jumlah jamaah pada pelaksaan Sholat Idul Adha 1441 H. Dari kapasitas 50 ribu lebih jamaah, Masjid Al-Akbar Surabaya hanya menampung 5.000 jamaah pada pelaksanaan Idul Adha tahun ini. Tujuannya agar jarak antar jamaah terjaga, guna mencegah penularan Covid-19.

Helmy melanjutkan, bagi jamaah yang hendak mengikuti pelaksaan Sholat Idul Adha di Masjid Al-Akbar Surabaya, tidak bisa datang begitu saja. Mereka harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran online, untuk selanjutnya jamaah mendapatkan ID Card, untuk tiket mengikuti Sholat Idul Adha di masjid setempat.

Helmy mengatakan, hingga saat ini sudah ada sekitar 3.200 jamaah yang mendaftar untuk mengikuti Sholat Idul Adha. Artinya masih ada sekitar 1.800 tempat yang tersedia bagi jamaah yang berniat mengikuti Sholat Idul Adha di masjid kebanggaan Kota Pahlawan tersebut.

"Untuk lantai 1 sudah penuh, sudah ada sekitar 3.200-an jamaah yang mendaftar. Untuk lantai dua masih dalam proses pendaftaran. Setelah penuh kita tutup," ujar Helmy dikonfirmasi Selasa (28/7).

Bagi jamaah perempuan, lanjut Helmy, pintu masuk melalui pintu sisi utara dan timur. Sedangkan akses jamaah laki-laki masuk melalui pintu gerbang sisi barat dan timur. Semua jamaah, kata dia, tanpa terkecuali harus mengikuti prosedur pemeriksaan suhu badan, handsanitizer, pembagian kresek untuk membungkus sandal dan melewati bilik disinfektan. 

Helmy menjelaskan untuk jamaah perempuan lantai 1 (ID Card warna Kuning) masuk dalam masjid melalui pintu nomor 1 - 5, pintu nomor 10 - 15 dan 21 - 22. Sedangkan Jamaah laki-laki lantai 1 (ID Card Warna Hijau) masuk dalam masjid melalui pintu nomor 23 – 24, 30 – 35 dan 40 – 45.

Helmy mengatakan, kapasitas lima ribu itu termasuk jamaah lantai dua masjid. Bagi jamaah yang mendapatkan ID Card warna merah maka harus masuk ke area shalat melalui tangga manual Gedung Al Marwah dekat air mancur. Hal yang sama juga berlaku bagi Jamaah Pria yang mendapatkan ID Card Warna Biru, maka shalatnya berada di lantai dua masuk melalui tangga manual Gedung As Shofa dekat air mancur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement