Rabu 29 Jul 2020 15:04 WIB

Masjid Istiqlal Siap Sambut Sapi Qurban Jokowi dan Wapres

Esok hari masih ada hewan qurban yang akan tiba dari petinggi negara.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Muhammad Fakhruddin
Masjid Istiqlal Siap Sambut Sapi Qurban Jokowi dan Wapres (ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Masjid Istiqlal Siap Sambut Sapi Qurban Jokowi dan Wapres (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Masjid Istiqlal siap menerima hewan qurban dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin. Hewan qurban akan dipotong pada hari Sabtu (1/8) pagi sebelum dibagikan ke golongan yang berhak.

Kepala Bagian Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah mengatakan tak mengadakan sholat Idul Adha sesuai arahan pemerintah karena bahaya Covid-19. Namun penerimaan dan pemotongan hewan qurban tetap dilaksanakan oleh pengurus Masjid.

"Untuk qurban kami lagi persiapan menerima hewan qurban baru tiba 4 sapi dan 8 kambing mas. Sumbangan Menpan RB dan PT Huawei," kata Hurairah pada Republika.co.id, Rabu (29/7).

Sedangkan untuk esok hari, masih ada hewan qurban yang akan tiba dari petinggi negara. Pengurus Masjid Istiqlal mengajak Muslim berqurban sebagai bentuk ketakwaan pada Allah.

"Besok InsyaAllah tiba kurban dari presiden 1 ekor (sapi) dan wapres 1 (sapi), beratnya belum tahu berapa kilogram karena kami belum lihat juga," ujar Hurairah.

Adapun dalam hal pembagian daging qurban, pengurus masjid akan menerapkan mekanisme seperti tahun lalu. Daging qurban langsung dibagikan ke wilayah tempat tinggal warga yang membutuhkan agar mengindari kerumunan di masjid. "Seperti tahun lalu tidak pakai kupon, didistribusikan langsung ke mustahik," sebut Hurairah.

Selain di Istiqlal, Presiden Jokowi dikabarkan menunaikan qurban di berbagai lokasi di Indonesia. Salah satunya, sapi kurban bantuan Jokowi akan dipotong di Masjid Jami Al Fatah Abe Pantai, Kota Jayapura. Sapi itu disebut memiliki berat 800-1.000 kilogram dan bebas penyakit hewan menular strategis (PHMS). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement