Allah Sempurnakan Islam di Hari Arafah

Kamis , 30 Jul 2020, 12:46 WIB Reporter :Rossi Handayani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Allah Sempurnakan Islam di Hari Arafah.
Allah Sempurnakan Islam di Hari Arafah.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Allah Subhanahu wa Ta'ala telah menyempurnakan agama islam pada saat hari Arafah. Pendakwah lulusan Universitas Islam Madinah, Ustaz Muhammad Nuzul Dzikri menjelaskan tentang pentingnya hari Arafah pada 9 Dzulhijjah yang jatuh pada Kamis (30/7) lewat akun Youtube miliknya.

"Berbicara tentang hari arafah maka kita berbicara tentang sebuah hari di mana Allah sempurnakan agamanya, dan Allah sempurnakan nikmatnya bernama islam," kata Ustaz Nuzul.

Dia menjelaskan, Umar bin al-Khattab Radhiyallahu Anhu pernah berkata, ada seorang Yahudi yang berkata kepada beliau,

"Wahai amirul Mukminin, sebuah ayat di dalam kitab suci kalian, kalian membaca ayat tersebut, kalau saja ayat itu turun di tengah-tengah kami bangsa yahudi maka kami akan jadikan hari tersebut sebagai hari raya," kata yahudi tersebut.

Baca Juga

Umar bertanya, "Ayat apa yang kamu maksud?"

Maka orang yahudi itu mengatakan, surat Al Maidah ayat tiga,

...ٱلْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِى وَرَضِيتُ لَكُمُ ٱلْإِسْلَٰمَ دِينًا...

"...Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu..."

"Tidak ada nikmat yang lebih indah dari pada islam, dan tidak ada nikmat yang lebih indah dari sunnah nabi Shallallahu alaihi wa sallam, tidak ada nikmat yang lebih indah daripada hidayah, tidak ada nikmat yang lebih indah dari nikmat taufik, itu nikmat yang paling besar, dan nikmat itu disempurnakan di hari Arafah," ucap Ustaz Nuzul.

Umar Radhiyallahu Anhu menyatakan, ketika mendengar ucapan yahudi itu, "Kami tahu hari tersebut di saat ayat itu turun kepada nabi Shallallahu alaihi wa sallam, saat beliau sedang berdiri di hari Arafah, hari turunnya adalah hari Arafah".

"Hadirin yang Allah muliakan, kalau seseorang bisa terharu, kalau seseorang bisa tersentuh, karena hari ini bertepatan dengan hari prestasinya 10 tahun yang lalu, hari ini bertepatan dengan pencapaiannya 15 tahun yang lalu atau hari ini bertepatan dengan awal dia membangun bisnisnya. Lalu bagaimana kita tidak bangga dan tidak senang ketika agama kita disempurnakan," ucap Ustaz Nuzul.

Tepatnya pada 15 abad yang lalu di hari Arafah, agama islam yang dibanggakan umat muslim disempurnakan. Melalui agama ini, orang mengetahui antara yang haq dan batil. Untuk itu, hari ini merupakan hari bersejarah bagi muslim.

Ustaz menjelaskan, sebelumnya Umar bin khattab Radhiyallahu Anhu ketika melakukan serah terima kunci Baitul Maqdis menyatakan, "Kita dulu kaum yang tidak dianggap, hina, lalu Allah muliakan kita dengan islam".

Lalu umar mengatakan, "Barang siapa mencari kemuliaan selain dari islam, maka Allah akan hinakan dia".

"Hari di mana disempurnakan agama kita, yahudi saja mengerti ini penting, yahudi aja ngerti itu sangat prestisius, itu yahudi, dan kita tahu yahudi cerdas, dia ngerti hari Arafah itu sangat utama," kata Ustaz Nuzul.