Doa Spesial Bagi Muslim di Hari Arafah

Kamis , 30 Jul 2020, 21:05 WIB Reporter :Rizky Suryarandika/ Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Doa Spesial Bagi Muslim di Hari Arafah (ilustrasi).
Doa Spesial Bagi Muslim di Hari Arafah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Muslim di seluruh dunia memperingati hari ini sebagai datangnya hari Arafah yang jatuh tiap 9 Dzulhijjah Hijriah atau Kamis 30 Juli tahun ini. Sebagian Muslim yang tengah berhaji melakukan wukuf di hari Arafah ini. Sedangkan Muslim yang tak berhaji disunnahkan berpuasa.

 

Terkait

Selama hari Arafah ini, ternyata ada doa khusus yang dianjurkan oleh Rasulullah. Hal itu sesuai penuturan

Ali bin Abi Thalib yang pernah mengungkapkan Rasulullah bersamanya pada sore hari Arafah sambil mengucapkan sebuah doa.

Doa ini sebenarnya dapat ditemukan dalam hadits Rasulullah berdasarkan riwayat Imam at-Thabrani. Lalu dalam riwayat Imam at-Tirmidzi, hadits itu juga diriwayatkan oleh sahabat Amr bin Syuaib.

خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ، وَخَيْرُ مَا قُلْتُ أَنَا وَالنَّبِيُّونَ مِنْ قَبْلِي: لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ» رواه الترمذي.

Artinya, “Rasulullah SAW bersabda, “Doa terbaik adalah doa hari Arafah. Dan doa terbaik yang aku dan para nabi ucapkan adalah “Laa ilaaha illallah wahdahu la syarika lahu. Lahul Mulku wa lahul hamdu wa huwa ala kulli syai’in qadir.” (H.R at-Tirmidzi)

Berdasarkan riwayat hadits tersebut, terdapat satu amalan utama yang sepatutnya diamalkan Muslim ketika datangnya hari Arafah. Berikut ini doa saat hari Arafah yang pernah disampaikan Rasululloh

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Laa ilaaha illallahu wahdahu laa syarika lahu. Lahul Mulku wa Lahul hamdu wa Huwa ala kulli syai’in qaadir.

Artinya, “Tidak ada Tuhan yang layak disembah kecuali Allah SWT. Dialah Dzat yang memiliki kekuasaan dan pujian. Dia lah Dzat yang maha kuasa.” 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini