Sabtu 01 Aug 2020 02:20 WIB

Kasus Positif Covid-19 di Majalengka Kembali Bertambah

Ada penambahan dua kasus positif Covid-19 di Majalengka

Rep: Lilis sri handayani/ Red: Esthi Maharani
Pasien positif Corona.
Foto: Abdan Syakura/Republika
Pasien positif Corona.

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA – Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Majalengka bertambah dua orang, Jumat (31/7). Jubir Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Majalengka, Alimudin, menyebutkan, penambahan dua kasus baru itu merupakan warga asal Kecamatan Leuwimunding dan Kecamatan Ligung.

Untuk kasus dari Kecamatan Ligung, merupakan seorang tenaga medis yang bekerja di Rumah Sakit Sumber Waras Kabupaten Cirebon. Pasien diduga terpapar saat melayani pasien di rumah sakit setempat.

‘’Tenaga medis itu awalnya mengalami gejala sakit menyerupai Covid-19. Akhirnya dia memeriksaan kesehatannya dan hasilnya ternyata positif Korona,’’ ujar Ali, Jumat (31/7).

Menurut Ali, yang bersangkutan hanya mengalami gejala penyakit yang ringan. Saat ini yang bersangkutan telah melakukan isolasi mandiri guna menghindari penyebaran virus yang lebih luas.

‘’Untuk keluarga maupun orang yang pernah kontak denganya belum sempat di-swab karena hari ini bertepatan dengan lebaran Idul Adha,’’ terang Ali.

Sedangkan pasien kedua yang berasal dari Kecamatan Leuwimunding, diduga terkontaminasi virus saat berada di Jakarta. Pasien merasakan gejala panas dan batuk dengan suhu badan 37 derajat celcius.

‘’Yang bersangkutan kemudian pulang ke Majalengka dan memeriksakan kesehatannya. Hasilnya,  ternyata positif Covid-19,’’ tutur Ali.

Ali menyatakan, pasien pernah berobat ke RS Sumber Waras Cirebon. Setelah itu pasien dirujuk ke RSUD Majalengka.

Tim Gugus Tugas telah melakukan tracing terhadap keluarga yang pernah kontak dengan yang bersangkutan. Namun, swab terhadap keluarga pasien tersebut belum bisa dilakukan karena hari ini lebaran Idu Adha.

Sebelumnya, Gugus Tugas covid-19 Kabupaten Majalengka juga mengumumkan penambahan empat asus baru positif Covid-19 pada Rabu (29/7). Dari empat kasus itu, dua di antaranya merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Majalengka. Selain itu, pasien berikutnya adalah warga Kecamatan Palasah, yang merupakan kerabat pasien yang telah idnyatakan positif Covid-19 beberapa waktu sebelumnya.

‘’Kalau satu orang laginya, warga Kecamatan Majalengka yang baru pulang dari Surabaya,’’ terang Alimudin.

Sementara itu, dengan penambahan kasus-kasus baru tersebut, maka jumlah total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Majalengka hhingga Jumat (31/7) mencapai 25 orang. Dari jumlah itu, 17 orang dalam perawatan, tujuh orang sembuh dan satu orang meninggal dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement