14 Zulhijjah 1441

Muslim Irlandia Gelar Sholat Idul Adha di Stadion Olahraga

Sabtu , 01 Aug 2020, 13:12 WIB Redaktur : Muhammad Subarkah
Acara shalat Idul Adha yang digelar di stadion Dublin, Irlandia
Acara shalat Idul Adha yang digelar di stadion Dublin, Irlandia

REPUBLIKA.CO.iD -- Sekitar 200 Muslim berkumpul di stadion Croke Park Dublin pada hari Jumat untuk melakukan sholat  Idul Adha. Croke Park adalah markas besar Asosiasi Atletik Gaelik (GAA).

 

Pelaksanaan sholat Idul Adha dilakukan dengan cara yang aman dan memakai jarak sosial selama pandemi Covid-19 yang kini tengah berlangsung. Acara ini digagas oleh Syaikh Umar Al-Qadri, ketua Dewan Perdamaian dan Integrasi Muslim Irlandia.

Dia berterima kasih kepada GAA, manajemen Croke Park, dan seluruh negara atas penggunaan tempat "bersejarah" untuk shalat ini. Dia kemudian mengucapkan beberapa kata dalam bahasa Irlandia.

"Terima kasih kepada Irlandia karena hari ini doa Idul Adha ini mengirimkan pesan yang sangat kuat kepada seluruh dunia bahwa Irlandia memang negara céad míle fáilte [ungkapan Irlandia untuk hangatnya kesemarakan yang diistilahkan dengan seratus ribu sambutan]," kata Dr Al-Qadri.

"Tidak peduli keragaman Anda, tidak peduli betapa berbedanya Anda, begitu Anda datang dan tinggal di sini dan Anda menjadi bagian dari masyarakat. Pulau Irlandia ini memiliki kemampuan unik dan hebat untuk mengadopsi Anda," tambah teolog Islam itu.

Muslim men perform Eid al-Adha prayers on Dublin's Croke Park pitch

Dr Al-Qadri, yang mengajukan permintaan ke GAA untuk menggunakan stadion untuk acara Idul Adha, menggambarkan stadion sebagai tempat "paling ikonik dan simbolis" di Irlandia. "Ini adalah negara yang bangga akan keanekaragamannya dan merangkul mereka yang menjadi bagian dari masyarakat," katanya.

 

Croke Park dibangun untuk menggelar olahraga tradisional Irlandia dari sepakbola Gaelic, dan camogie. Bahkan  juga telah digunakan untuk menjadi tuan rumah konser rock dan pop, serta konferensi dan berbagai acara perusahaan lainnya.

Stadion ini adalah arena olahraga terbesar di Irlandia, dengan kapasitas untuk menampung lebih dari 82.000 penonton. Luasnya ukuran tempat itu memungkinkan para jamaah untuk duduk di atas sajadah secara terpisah di atas lapangan.

Layanan ini juga dihadiri oleh para pemimpin Katolik, Protestan dan Yahudi dari Dublin, serta perwakilan dari pemerintah Irlandia.Presiden Irlandia Michael D Higgins mengirim pesan niat baik untuk menandai kesempatan tersebut, di mana ia memuji simbolisme acara di Croke Park.

"Perayaan Idul Adha di tempat Irlandia yang ikonik, dari liburan penting dalam kalender Islam ini adalah momen penting dalam narasi Irlandia," tulis presiden.

"Ini mengingatkan kita akan komunitas yang sangat beragam dan menjadi kontribusi besar yang Anda, komunitas baru kami, telah buat dan terus lakukan untuk Irlandia."

 

widget->kurs();?>