17 Zulhijjah 1441

Kreatifitas Muslim Victoria Rayakan Idul Adha

Ahad , 02 Aug 2020, 19:56 WIB Reporter :Andrian Saputra/ Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Kreatifitas Muslim Victoria Rayakan Idul Adha (Ilustrasi Muslim Vitoria)
Kreatifitas Muslim Victoria Rayakan Idul Adha (Ilustrasi Muslim Vitoria)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Umat Muslim di negara bagian Victoria, Australia memiliki cara yang kreatif dalam merayakan idul adha di tengah meningkatnya pandemi Covid-19. Seperti dilakukan Badan Layanan Sosial Muslim Australia (AMSSA) yang memutuskan untuk membagi-bagikan hadiah hari raya dengan mendatangi setiap rumah.

 

Para relawan mengemas 1500 paket berisi manisan dengan berbagai mainan dan kerajinan. Hadiah itu dikirim pada Jumat (31/7) ke sembilan menara publik di Melbourne di mana terdapat banyak Muslim yang harus mengikuti seruan pemerintah untuk menjalani penguncian wilayah.

Pembagian hadiah juga diberikan  termasuk pada warga non muslim. Manajer AMSSA, Abdiqafar Ururshe mengatakan cara tersebut menjadi spesial untuk melihat kegembiraan anak-anak saat hari raya. 

"Orang tua mereka mengucapkan terimakasih karena membawa perayaan Id ke rumah mereka," kata Ururshe seperti dilansir Deniliquin Pastoral Times pada Ahad (2/8).

Sekitar 2 ribu warga berkumpul di lantai bawah menara Flemington untuk merayakan Idul Adha tahun ini. Menurut Ururshe upaya warga untuk berada di rumah merupakan tindakan pengorbanan sejalan dengan perayaan idul Adha bagi kebaikan yang lebih besar. 

Sementara itu komunitas Muslim Masjid Preston mengadakan konferensi video untuk merayakan hari raya. Ketua Masjid, Moustafa Fahour mengakui ada kesedihan tak bisa datang ke Masjid, kendati demikian menurutnya berkumpul bersama keluarga menjadi nilai tambah. Sementara itu komunitas Muslim di Bendigo, Victoria menyiarkan pelaksanaan sholat Idul Adha dan khutbah melalui saluran zoom. 

 "Merupakan bagian dari ajaran agama untuk mematuhi penguncian ini, guna melindungi kami dan negara kami," katanya. 

 

widget->kurs();?>