Senin 03 Aug 2020 02:54 WIB

Filipina Siapkan Strategi Baru Hadapi Covid-19

Filipina mencatat lonjakan kasus harian Covid-19 terbesar

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini
Petugas polisi berpatroli selama dimulainya lockdown karena kenaikan kasus Covid-19 di kota Navota, Manila, Filipina pada hari Kamis (16/7/2020).
Foto: AP / Aaron Favila
Petugas polisi berpatroli selama dimulainya lockdown karena kenaikan kasus Covid-19 di kota Navota, Manila, Filipina pada hari Kamis (16/7/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA -- Kementerian Kesehatan Filipina akan memperbarui strategi untuk mengatasi pandemi virus corona, dengan meningkatkan tenaga kesehatan di ibu kota Manila. Pada Sabtu (1/8), Filipina mencatat lonjakan kasus harian terbesar yakni 4.963 kasus dengan 2.093 kematian.

Sekitar 80 kelompok organisasi yang mewakili 80.000 dokter dan satu juta perawat menyatakan, perjuangan pemerintah Filipina untuk melawan pandemi virus corona mulai melemah. Selain itu, mereka memperingatkan bahwa sistem kesehatan mulai kewalahan di tengah melonjaknya jumlah kasus yang cukup tinggi. Untuk mengatasi kekhawatiran para tenaga medis, gugus tugas penanganan virus corona mengatakan, Kementerian Kesehatan akan menyusun strategi baru untuk menangani pandemi dalam tujuh hari ke depan.

Baca Juga

Gugus tugas penanganan Covid-19 mengimbau para petugas kesehatan di sejumlah provinsi untuk membantu meningkatkan tenaga merka di ibu kota Manila. Selain itu, gugus tugas juga mencari bantuan sukarelawan dari universitas untuk merekrut tenaga medis tambahan.

Para tenaga medis menyerukan agar pemerintah kembali memberlakukan lockdown di Manila. Namun pemerintah enggan untuk kembali menerapkan lockdown, karena telah menyiapkan strategi lain. Manila diketahui merupakan salah satu episentrum penyebaran virus corona di Filipina.

"Pertempuran belum berakhir. Kita akan mengerahkan segala upaya untuk mengubah keadaan," ujar pernyataan Kementerian Kesehatan.

Filipina merupakan negara dengan jumlah kasus dan kematian tertinggi kedua di kawasan Asia Tenggara setelah Indonesia. Secara keseluruhan, Filipina mencatat 98.232 kasus infeksi virus corona yang dikonfirmasi. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement