11 Rabiul Akhir 1442

Pengunjung Wisata Pantai Jawai Saat Idul Adha Membludak

Ahad , 02 Aug 2020, 21:25 WIB Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Pengunjung Wisata Pantai Jawai Saat Idul Adha Membludak (ilustrasi).
Pengunjung Wisata Pantai Jawai Saat Idul Adha Membludak (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,PONTIANAK -- Pengunjung obyek wisata Pantai Jawai, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat pada saat Idul Adha yang juga bersamaan akhir pekan membludak dan rela antri berjam - jam untuk bisa mengunjungi destinasi wisata kebanggaan masyarakat Kecamatan Jawai tersebut.

"Mulai kemarin dan apalagi hari Minggu ini yang bersamaan hari ketiga lebaran Idul Adha, pengunjung ramai sekali. Pengunjung membludak penuhi pantai," ujar satu di antara pengunjung dari Kecamtan Sejangkung, Tomy saat dihubungi di Sambas, Ahad (2/8).

Tomy menyebutkan ia bersama rekannya untuk menuju Pantai Jawai melalui penyeberangan Tebas - Perigi Piai. Nah, untuk menuju penyeberangan dan menyeberang menggunakan kapal feri atau motor penambang harus antri panjang.

"Bahkan hanya untuk menyeberang saja butuh dua jam. Itu baru sampai seberang, Perigi Piai, Kecamatan Tekarang. Belum lagi dari Perigi Piai ke Jawai. Untuk ke Panatai Jawai Sangat melelahkan karena sangat ramainya pengunjung," papar dia.

Senada juga disampaikan pengunjung lainnya, Iko. Ia mengaku butuh perjuangan yang besar dan waktu bisa menikmati pesona Pantai Jawai. "Sangat ramai dan selalu ramai kalau hari libur Pantai Jawai saat ini. Apalagi saat ini, momen lebaran Idul Adha," katanya.

Menurut dia, perjuangan dan butuh waktu lama untuk sampai karena ramai pengunjung sehingga kemacetan jalan raya terbayar dengan keindahan Pantai Jawai. Hamparan pasir putih dan panjangnya pantai sejauh mata memandang menjadi daya tarik sendiri.

"Pemandangan Pantai Jawai sangat menarik dan mempesona. Wajar ramai datang ke sini. Ini menjadi kebanggaan Sambas dan destinasi yang wajib dikunjungi ketika ke Jawai," katanya.

Saat ini penataan Pantai Jawai semakin baik. Pengunjung selain bisa menikmati pesona alam, perpaduan pantai, lautan dan gunung juga kuliner di daerah setempat. Untuk masuk ke lokasi pantai, pengunjung saat ini hanya merogoh kocek Rp 10.000 per orang.

Terkait penerapan protokol kesehatan di lokasi pantai seperti pemakaian masker dan jarak saat ini masih perlu ditingkatkan oleh masyarakat. Pengelola terus mengingatkan agar setiap pengunjung terus bersama menerapkan protokol kesehatan pencegahan wabah Covid-19 tersebut.

Selain Pantai Jawai, di Kabupaten Sambas yang ramai pengunjung saat lebaran dan hari libur yakni pantai yang berada di batas negeri, Pantai Temajok, kemudian Istana Sambas dan air terjun Riam Merasap serta kawasan PLBN Aruk.

 

 

widget->kurs();?>