5 Syawwal 1442

Al Azhar Ucapkan Selamat ke Arab Saudi Sukses Gelar Haji

Ahad , 02 Aug 2020, 22:42 WIB Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Al Azhar Ucapkan  Selamat ke Arab Saudi Sukses Gelar Haji. Sebuah foto selebaran yang disediakan oleh Kementerian Media Saudi menunjukkan para jamaah haji berdoa selama Tawaf Al-Ifadah selama ritual simbolis
Al Azhar Ucapkan Selamat ke Arab Saudi Sukses Gelar Haji. Sebuah foto selebaran yang disediakan oleh Kementerian Media Saudi menunjukkan para jamaah haji berdoa selama Tawaf Al-Ifadah selama ritual simbolis

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO -- Universitas Al Azhar di Kairo Mesir memberi selamat kepada Arab Saudi karena mengatur haji selama pandemi coronavirus ketika para jamaah menyelesaikan ritual haji dan bersiap memasuki kembali menjalani karantina. 

Imam Besar Al Azhar, Ahmed Al Tayyeb, cuitannya mengucapkan selamat atas keberhasilan Arab Saudi mengatur haji tahun ini. Universitas Al Azhar adalah salah satu lembaga pembelajaran Islam tertua yang terletak di Mesir.

Seperti dilansir The National, Ahad (2/8), Mr Al Tayyeb mengatakan kerajaan Arab Saudi memastikan untuk mengatur ritual haji agar sesuai dengan keadaan luar biasa yang dikenakan oleh pandemi coronavirus, dan mengambil semua langkah pencegahan untuk mencapai tingkat keamanan tertinggi bagi para peziarah.

Pemerintah Saudi mengizinkan sejumlah peziarah untuk ambil bagian tahun ini, dengan pembatasan terhadap potensi penyebaran virus. Semua jamaah tahun ini adalah penduduk atau warga negara Arab Saudi dan dikarantina sebelum haji dimulai pada hari Kamis.

Kementerian Kesehatan mengatakan pada hari Sabtu bahwa "situasi kesehatan para peziarah" adalah "meyakinkan" dan tidak ada kasus virus corona yang tercatat di antara mereka. Ritual terakhir pada hari Ahad terdiri dari lempar jumrah di Mina dan Tawaf perpisahan - peziarah mengelilingi Ka'bah - sebelum kembali ke karantina di Makkah selama seminggu.

Kantor berita resmi Saudi mengatakan tindakan pencegahan telah diambil untuk memastikan akhir yang aman untuk haji, seperti jalur berwarna bagi para peziarah untuk mengikuti dan langkah-langkah lain untuk memastikan bahwa mereka tidak terlalu dekat satu sama lain, dengan bantuan pasukan keamanan. Tindakan pencegahan tinggi dan jarak sosial telah dicapai untuk menjaga keselamatan para peziarah dan para petugas yang melayani mereka.

 

 

widget->kurs();?>