6 Rabiul Awwal 1442

Jamaah Haji Nikmati Layanan Salon Bintang Lima di Mina

Senin , 03 Aug 2020, 07:11 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Ani Nursalikah
Jamaah Haji Nikmati Layanan Salon Bintang Lima di Mina. Tukang cukur profesional dari salon bintang lima ditugaskan mencukur rambut jamaah haji di Mina pada ritual haji 2020.
Jamaah Haji Nikmati Layanan Salon Bintang Lima di Mina. Tukang cukur profesional dari salon bintang lima ditugaskan mencukur rambut jamaah haji di Mina pada ritual haji 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, MINA -- Tukang cukur salon di Mina tahun ini sangat profesional. Mereka dipilih dari salon bintang lima yang terletak di area Masjidil Haram, Makkah untuk melayani jamaah haji.

 

Baca Juga

"Kami dipilih untuk bekerja di situs suci Mina setelah menjalani pemeriksaan yang diperlukan, termasuk tes swab dan memperoleh sertifikat kesehatan," ujar salah satu tukang cukur, Muhammad Othman, dilansir di Saudi Gazette, Senin (3/8).

Di luar itu, para tukang cukur diminta membuktikan keterampilannya dalam hal kesempurnaan dan kecepatan melakukan pekerjaan mereka. Ada lima salon di Mina, empat di antaranya bekerja sepanjang waktu dan yang kelima disiagakan.

Pada pandangan pertama, Muhammad tampak seperti staf Departemen Kesehatan. Ini karena penampilan umum dan kostum yang ia kenakan merupakan bagian dari tindakan pencegahan Covid-19.

Tetapi, identitas profesinya sebagai tukang cukur menjadi jelas ketika ia memasuki salon setelah seorang jamaah meminta dicukur rambutnya. Salon ini disebut "Salaam" yang berarti kedamaian, karena mewakili suasana tenang di sana.

Di dalam salon, baik Muhammad dan peziarah terlihat mengenakan masker dan sarung tangan. Jarak antara dua kursi di salon benar-benar sejalan dengan protokol yang disetujui oleh Departemen Kesehatan.

Tindakan pencegahan yang dilakukan oleh kedua penata rambut di salon ini menunjukkan seolah-olah mereka berada di ruang operasi. Mereka membersihkan seluruh ruangan setelah menyelesaikan cukur atau memotong rambut setiap peziarah.

Jamaah haji telah menyelesaikan ibadahnya dengan cara yang aman setelah keluar dari solon ini. Muhammad juga memiliki kesempatan bekerja di Mina selama musim haji.

Muhammad menyebut tahun ini membawa pengalaman yang luar biasa. "Kehadiran pejabat yang luar biasa dari Kementerian Kesehatan adalah fitur lain dari haji tahun ini. Pejabat yang berbeda sering mengunjungi salon dan menindaklanjutinya sepanjang hari," kata dia.

Dari jam delapan pagi sampai lima sore, ia telah menerima tujuh pejabat. Mereka sangat fokus pada keselamatan jamaah dan memastikan petugas salon sepenuhnya mematuhi tindakan pencegahan kesehatan.

https://saudigazette.com.sa/article/596213/SAUDI-ARABIA/Pilgrims-enjoy-five-star-saloons-in-Mina

 

widget->kurs();?>